Salin Artikel

Syarat dan Cara Mengaktifkan Shopee PayLater dengan Mudah

JAKARTA, KOMPAS.com – Cara mengaktifkan Shopee PayLater (SPayLater) bisa dilakukan dengan mudah. Syarat untuk mengaktifkan layanan ini juga tidak begitu banyak. Lalu, bagaimana syarat dan cara mengaktifkan Shopee PayLater?

Dikutip dari laman help.shopee.co.id, Shopee PayLater hanya dapat diaktifkan oleh pengguna terpilih melalui aplikasi Shopee. Jika terpilih, pengguna akan mendapatkan notifikasi untuk mengaktifkan SPayLater (cara aktifkan Shopee PayLater.

Shopee PayLater sendiri merupakan produk layanan pinjaman yang disediakan oleh PT Commerce Finance serta pihak lain yang bekerja sama dengan PT Commerce Finance untuk memberikan pinjaman bagi pengguna Shopee. PT Commerce Finance sepenuhnya diawasi langsung oleh OJK.

Sistem pembayaran dan tagihan Shopee Paylater mirip dengan kartu kredit, namun dengan bunga yang lebih minim. Selain itu, syarat dan cara mengaktifkan Shopee Paylater juga jauh lebih mudah.

Dengan Shopee PayLater, pengguna dapat belanja online di e-commerce Shopee dan membayarnya pada bulan berikutnya dengan cara menyicil sesuai dengan periode cicilan yang dipilih saat melakukan transaksi pembayaran di aplikasi Shopee.

Syarat daftar Shopee PayLater

Sebelum membahas cara mengaktifkan Shopee PayLater lebih lanjut, berikut sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi pengguna agar dapat menggunakan layanan pinjaman Shopee PayLater:

Jika sudah memenuhi semua persyaratan di atas, maka pengguna dapat mengaktifkan Shopee PayLater dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Jika mengalami kendala dalam proses Verifikasi Wajah dikarenakan wajah tidak terdeteksi dan mendapatkan notifikasi “Sistem error. Silakan coba lagi dengan menikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Perbarui Layanan Google Play (Google Play Service).
  • Coba lakukan Verifikasi Wajah kembali (disarankan untuk mencoba minimal 2 (dua) kali).
  • Apabila masih tidak berfungsi, tunggu 10 (sepuluh) menit dan pastikan Hp Anda terhubung dengan koneksi internet yang baik.
  • Restart HP Anda.
  • Silakan coba kembali seperti poin 2.

Sebagai catatan, pengguna hanya dapat menggunakan 1 (satu) KTP yang terdaftar pada akun Shopee untuk mengaktivasi akun Shopee PayLater. Jangan berikan kode verifikasi (OTP) kepada siapa pun, termasuk tim Shopee PayLater untuk keamanan akun Anda.

Apabila cara mengaktifkan Shopee PayLater sudah berhasil, pengguna akan mendapatkan notifikasi bahwa Shopee PayLater sedang diproses.

Kemudian, apabila pengajuan aktivasi disetujui, pengguna akan mendapatkan pop up notifikasi berisi keterangan aktivasi berhasil serta informasi mengenai limit umum dan limit cicilan yang didapatkan untuk melakukan transaksi menggunakan Shopee PayLater.

Pengajuan aktivasi Shopee PayLater akan diperiksa oleh tim terkait dalam 2x24 jam. Per 4 Februari 2021, setelah SPayLater berhasil diaktivasi, Anda dapat memilih tanggal jatuh tempo yang tersedia, yaitu pada tanggal 5 dan 25 setiap bulannya.

Cara membayar dengan Shopee PayLater

Berikut langkah-langkah melakukan pembayaran menggunakan Shopee PayLater (cara pakai ShopeePay Later) saat checkout di aplikasi Shopee:

  • Pilih Metode Pembayaran
  • Pilih SPayLater sebagai metode pembayaran
  • Klik Konfirmasi
  • Pilih Buat Pesanan
  • Masukkan PIN ShopeePay Anda.

Cara membayar sebagian dengan Shopee PayLater

Apabila saat checkout limit Shopee PayLater Anda kurang dari jumlah total pembayaran, Anda dapat membayar sebagian dengan Shopee PayLater dan sisanya dengan metode pembayaran lain. Berikut langkah-langkahnya:

Cara bayar tagihan Shopee PayLater

Pengguna dapat melakukan pembayaran Shopee PayLater sebelum tagihan muncul pada setiap bulannya dengan catatan status pesanan pengguna sudah selesai. Berikut langkah-langkah atau cara bayar Shopee PayLater yang bisa Anda ikuti:

  • Buka aplikasi Shopee
  • Lalu pilih menu ‘Saya’
  • Kemudian, pilih menu ‘SPayLater’.
  • Pilih ‘Bayar Sekarang’
  • Selanjutnya pilih ‘Tagihan Bulan Ini’
  • Klik ‘Bayar Sekarang’
  • Pilih metode pembayaran
  • Lalu klik ‘Konfirmasi’
  • Pilih ‘Bayar Sekarang’
  • Terakhir, lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah tagihan Shopee PayLater.

Jika pembayaran Anda sudah berhasil terverifikasi, Anda akan mendapatkan notifikasi di bagian Keuangan bahwa pembayaran Anda telah diterima. Limit Shopee PayLater Anda akan segera dikembalikan maksimal 1x24 jam.

Nah, itulah informasi seputar syarat dan cara mengaktifkan Shopee PayLater hingga cara membayar tagihannya dengan mudah. Apabila Anda mengalami kendala saat mengaktifkan Shopee PayLater, bisa menghubungi Customer Service di 08001500702 atau melalui Live Chat.

https://money.kompas.com/read/2022/07/04/225155826/syarat-dan-cara-mengaktifkan-shopee-paylater-dengan-mudah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.