Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Perusahaan Bakal Ikut Produksi Minyakita Rp 14.000 Per Liter

“Menyusul tagi pagi ada 7 perusahaan lagi yang akan mengemas minyak goreng kemasan rakyat (Minyakita) ini,” kata Syailendra di Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Sebelumnya ada 2 produsen minyak yang berkomitmen memproduksi Minyakita yaitu PT Panca Nabati Prakarsa dan PT Best. Dengan tambahan 7 perusahaan, jumlah perusahaan yang akan memproduksi Minyakita jadi 9 perusahaan.

Syailendra mengatakan, nantinya produsen pengemas miyak goreng tersebut akan diberikan masa berlaku penggunaan merek selama 4 tahun dan dapat diperpanjang.

“Yang sudah tanda tangan ada 7 (produsen lagi). Mereka bisa menggunakan merek Minyakita, dan nanti diperpanjang,” jelas dia.

Syailendra menjelaskan, bagi produsen yang ingin ikut memproduksi Minyakita tidak diberikan kuota. Merek Miyakita juga dapat digunakan oleh produsen, dan masyarakat, dengan catatan memiliki izin edar dan izin BPOM.

“Enggak ada kuota-kuota, makin banyak makin bagus. Mudah-mudahan kebijakan dan percepatan ini bisa mempercepat untuk penyaluran distribusi minyak goreng ke wilayah timur dan terdistribusi dengan baik, tertutama di kawasan yang harganya masih tinggi,” kata dia.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan pengusaha sepakat memproduksi Minyakita 3 juta ton per tahun, atau dengan kala lain sekitar 300.000 ton per bulan. Produsen juga bisa memilih, mau distribusi Minyakita atau minyak goreng curah.

“Sama seperti pembeli, bisa pakai PeduliLindungi atau KTP, yang mudah aja. Dengan adanya minyak goreng kemasan Minyakita, maka pengiriman atau distribusi akan lebih mudah. Terutama ekspedisi ke Indonesia bagian timur,” jelas Zulhas.

https://money.kompas.com/read/2022/07/06/140923726/7-perusahaan-bakal-ikut-produksi-minyakita-rp-14000-per-liter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke