Salin Artikel

Pensiunan TNI dan Polri Bisa Lapor SPTB secara Online Pakai ASABRI Mobile

Dengan aplikasi ASABRI Mobile, penerima pensiun Asabri dapat mengisi dan melaporkan data terkini, baik data diri maupun keluarganya.

Sekretaris Perusahaan PT Asabri (Persero) Edison Sianipar mengatakan langkah ini dilakukan seiring dengan perkembangan teknologi. Selain itu ASABRI Mobile juga berguna untuk meningkatkan layanan dan mempermudah proses pengumpulan SPTB.

"Sebelumnya, SPTB wajib diserahkan 2 kali dalam satu tahun. Namun saat ini sejak Juli 2022, penerima pensiun diwajibkan hanya melaporkan SPTB sekali dalam setahun dan metode pelaporan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi ASABRI Mobile," kata dia dalam keterangan resmi, Rabu (6/7/2022).

Selain itu, ia menambahkan, metode pelaporan juga masih dapat dilakukan secara konvensional dengan formulir fisik yang diserahkan langsung ke mitra bayar.

Edison menjabarkan, penerima pensiun hanya perlu mendaftarkan akun dengan memasukkan Nomor Pensiun, NRP atau NIP, dan nomor handphone aktif yang akan didaftarkan.

Kemudian, melakukan swafoto dan aplikasi akan memberikan kode OTP melalui SMS untuk verifikasi. Setelah itu, peserta diharuskan membuat PIN untuk masuk ke aplikasi ASABRI Mobile.

Menu Lapor SPTB akan muncul di menu utama. Penerima pensiun diharuskan untuk melakukan pengkinian data yang dilanjutkan untuk mengambil swafoto dan upload dokumen persyaratan, lalu melaporkannya dengan mengklik submit.

Selain itu, aplikasi ASABRI Mobile juga memiliki manfaat yaitu dapat melihat hak pensiun setiap bulannya, jadwal autentikasi, dan tersedianya formulir SPT untuk pelaporan pajak.

PT ASABRI sendiri adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan.

Empat manfaat program utama ASABRI yaitu Tabungan Hari Tua (THT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), dan Pensiun.

Program pensiun adalah pemberian manfaat berupa penghasilan yang diterima oleh penerima pensiun setiap bulan berdasarkan perundang-undangan.

Adapun penerima pensiun ASABRI selama ini memiliki kewajiban untuk mengumpulkan Surat Pernyataan Tanda Bukti Diri (SPTB). SPTB dilaporkan guna membuktikan bahwa penerima pensiun berhak atas pensiunnya.

https://money.kompas.com/read/2022/07/06/150100126/pensiunan-tni-dan-polri-bisa-lapor-sptb-secara-online-pakai-asabri-mobile

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.