Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

69 Delegasi akan Menghadiri Pertemuan Jalur Keuangan G20 Pekan Depan

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melaporkan 69 dari 71 delegasi akan menghadiri Pertemuan Finance and Central Bank Deputies (FCBD) and Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG) di Bali pada 13-16 Juli 2022.

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo mengatakan, jumlah tersebut tidak hanya delegasi dari negara anggota G20, tapi juga ada delegasi dari negara tamu dan lembaga multilateral development bank.

"Pertemuan kali ini merupakan pertemuan yang cukup besar dari kehadiran peserta sejumlah menteri keuangan dan gubernur bank sentral akan hadir secara fisik termasuk delegasinya," ujarnya dalam diskusi virtual, Kamis (7/7/2022).

Namun, dari 20 negara anggota G20 yang hadir secara langsung, hanya negara China yang menghadiri pertemuan secara virtual.

"Total kehadiran adl 447 orang akan hadir secara fisik dan sekitar 82 orang ini akan hadir secara virtual," kata Dody.

Dia menjelaskan, pertemuan ketiga jalur keuangan G20 ini dibagi menjadi dua, yaitu pertemuan untuk level deputi kementerian keuangan dan bank sentral dunia digelar pada 13-14 Juli sedangkan level menteri keuangan dan bank sentral pada 15-16 Juli.

Pertemuan ini akan digelar setelah pertemuan jalur Sherpa dimana untuk level menteri luar negeri dilaksanakan pada 7-8 Juli dan pertemuan utama dilaksanakan 11-12 Juli.

Dia mengatakan, pada pertemuan pekan depan akan disampaikan pula laporan pencapaian sementara pertemuan jalur keuangan G20, di mana saat ini terdapat dua kesepakatan besar yang sudah dicapai.

"Akan disampaikan terkait global health sudah keluar sebagai suatu kesepakatan besar. Kemudian terkait dengan dana untuk mengatasi permasalahan green, health, dan balance of payment sudah dibentuk trust fund-nya oleh IMF," jelas Dody.

https://money.kompas.com/read/2022/07/07/143500426/69-delegasi-akan-menghadiri-pertemuan-jalur-keuangan-g20-pekan-depan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke