Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

TIIWG G20 Ditutup Kirab Budaya, Bahlil: Walau Berpikir Global Tetap Bertindak Lokal

Pada Kamis (7/7/2022), merupakan hari terakhir rangkaian kegiatan Pertemuan Kedua TIIWG G20, khususnya pada pembahasan klaster investasi, perdagangan, dan perindustrian. Namun dalam rangkaian tersebut, juga disematkan kirab budaya agar diketahui para delegasi negara G20.

"Sekalipun membahas berbagai permasalahan global khususnya investasi, namun sebagai negara, perlu menjunjung tinggi budaya dan tradisi yang ada di Republik Indonesia. Kita harus terus melestarikan dan mensosialisasikan kepada seluruh pelosok dunia. Ini bukti walaupun berpikir global tetapi kita bertindak lokal," ucap Bahlil dalam keterangan resmi, Kamis.

Rangkaian kirab budaya ini menampilkan 30 kereta kencana dan kereta andong yang masing-masing membawa 3-4 delegasi negara G20 dari Stadion Sriwedari menuju Balai Kota Surakarta.

Adapun kereta kencana yang digunakan merupakan milik Keraton Kasunanan Surakarta. Kereta ini merupakan kereta pusaka yang telah berumur ratusan tahun. Selain kereta kencana dan kereta andong, rangkaian Kirab Budaya ini juga menggunakan 8 mobil listrik yang masing-masing memuat 6 orang.

Penyelenggaraan ini bertujuan untuk menggaungkan Presidensi G20 Indonesia kepada masyarakat Indonesia, khususnya warga Surakarta melalui kirab budaya serta memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada para delegasi G20.

Salah satu delegasi negara G20 asal Swiss Frederic mengungkapkan apresiasinya atas pelaksanaan Pertemuan Kedua TIIWG G20 ini.

"Saya diundang untuk menghadiri Pertemuan Kedua TIIWG G20 ini. Menurut saya, pembahasan isu kali ini cukup sukses. Ini kedua kalinya saya mengunjungi Solo dan sangat menyukai keramahan yang ada. Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Indonesia dan tidak sabar untuk mengikuti kegiatan selanjutnya di Labuan Bajo," ungkap dia.

https://money.kompas.com/read/2022/07/08/080000426/tiiwg-g20-ditutup-kirab-budaya-bahlil--walau-berpikir-global-tetap-bertindak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke