Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Syarat dan Harga Franchise Indomaret 2022 serta Cara Daftarnya

JAKARTA, KOMPAS.com – Bisnis waralaba atau franchise kini menjadi skema usaha yang cukup populer di Indonesia. Salah satu bisnis yang membuka kemitraan lewat sistem franchise adalah Indomaret. Berapa harga franchise Indomaret dan apa saja syaratnya?

Franchise Indomaret bisa menjadi salah satu opsi bisnis yang menarik. Pasalnya, bisnis ritel modern saat ini masih dibutuhkan dan menguntungkan bagi kalangan Investor.

Minimarket seperti Indomaret sangat banyak ditemui di masyarakat dan mudah ditemukan. Saat ini, masyarakat cenderung membeli barang kebutuhan sehari-hari di minimarket terdekat. Karena itu, tidak heran jika minimarket saling berdekatan.

Indomaret sendiri merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari. Anak perusahaan Salim Group ini mulai membuka pola kemitraan (franchise Indomaret) bagi masyarakat luas sejak tahun 1997.

Pola waralaba (franchise Indomaret) ini ditawarkan setelah Indomaret terbukti sehat dengan memiliki lebih dari 700 gerai, yang didukung oleh sistem dan format bisnis yang baik.

Pengalaman panjang yang telah teruji itu mendapat sambutan positif masyarakat, terlihat dari meningkat tajamnya jumlah gerai waralaba Indomaret. Program waralaba Indomaret yang tidak rumit terbukti dapat diterima masyarakat.

Dikutip dari laman resminya, jumlah gerai Indomaret pada Maret 2022 mencapai 19.891 gerai. Sebagian besar pasokan barang dagangan untuk seluruh gerai berasal dari 42 pusat distribusi Indomaret yang menyediakan lebih dari 5.000 jenis produk.

Saat ini, keberadaan Indomaret makin diperkuat dengan kehadiran Indogrosir, anak perusahaan dengan konsep bisnis Pusat Perkulakan.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis franchise Indomaret, simak beberapa syarat dan ketentuannya berikut ini.

Syarat franchise Indomaret

Sebelum mengikuti cara daftar bisnis Indomaret, baiknya mempersiapkan syarat buka franchise Indomaret terlebih dahulu.

Dikutip dari indomaret.co.id, pebisnis harus memenuhi beberapa syarat berikut ini untuk bisa memulai bisnis waralaba Indomaret:

  • Warga Negara Indonesia
  • Menyediakan lokasi tempat usaha di area komersial dengan luas ideal 120-200 m2
  • Memiliki kelengkapan izin usaha minimarket : IMB/PBG, NPWP, PKP, Ijin Lingkungan, Domisili (apabila diperlukan), NIB, STPW dan Ijin Lainnya Sesuai Ketentuan Perizinan yang berlaku
  • Menyediakan dana investasi
  • Memiliki jiwa entrepreneur dan fokus pada sistem waralaba Indomaret (franchise Indomaret)

Jika syarat franchise Indomaret sudah siap, pebisnis juga perlu mengetahui rincian harga franchise Indomaret 2022 dan cara bergabung dengan waralaba Indomaret.

Harga franchise Indomaret

Berdasarkan laman resminya, pebisnis harus menyiapkan biaya sekitar Rp 394 juta jika ingin memulai bisnis Indomaret. Angka tersebut belum termasuk biaya sewa bangunan untuk gerai Indomaret.

Secara lebih rinci, estimasi biaya investasi franchise Indomaret adalah sebagai berikut:

Cara daftar franchise Indomaret

Bagi pebisnis yang tertarik buka waralaba Indomaret, bisa mengisi formulir pengajuan franchise Indomaret di link ini.

Namun, jika hanya ingin menyewakan lokasi saja, bisa mengisi formulir penawaran sewa lokasi di sini. Lokasi khusus wilayah Pulau Jawa, Bali, Lombok, Aceh, Medan, Pekanbaru, Batam, Palembang, Lampung, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Makassar, Kendari, Manado, dan Ambon.

Untuk membuka gerai Indomaret baru, pebisnis harus sudah memiliki calon lokasi yang akan digunakan untuk membuka gerai Indomaret. Adapun tahapan kerja sama franchise Indomaret adalah sebagai berikut:

1. Presentasi pertama

Supaya presentasi berjalan lebih efektif dan bisa langsung ditindak-lanjuti, bagi terwaralaba yang sudah memiliki usulan lokasi tempat usaha sebaiknya membawa fotocopy dokumen pendukung, seperti: Sertifikat Bangunan, IMB, KTP, KK, dan (jika sudah ada) SIUP, TDP, NPWP, PKP, serta denah lokasi.

Pada presentasi pertama ini akan dijelaskan dengan detil mekanisme kerja sama, besarnya investasi, keuntungan per bulan dan sistem operasional toko.

2. Presentasi kedua

Pada presentasi kedua akan dipaparkan hasil survey kelayakan dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mengarah pada besarnya nilai investasi.

Biasanya pada presentasi kedua ini dilanjutkan dengan penandatanganan MoU (Nota Kesepakatan) yang mencakup butir-butir pembagian tugas antara pihak Indomaret dengan terwaralaba dalam mempersiapkan pembukaan toko, renovasi bangunan, pembelian peralatan toko, seleksi dan training karyawan, serta termin pembayaran.

3. Pembukaan toko (gerai Indomaret)

Setelah semua item kesepakatan direalisasikan, maka toko siap dibuka dengan program promosi yang ditetapkan Indomaret. Sebelum toko buka, akan ditandatangani Surat Perjanjian Waralaba untuk jangka waktu 5 tahun.

Sebagai catatan, Indomaret akan membantu pebisnis atau pewaralaba dalam menyiapkan pengelolaan toko dalam hal berikut:

Nah, itulah informasi seputar cara daftar franchise Indomaret serta persyaratan dan biaya yang dibutuhkan. Dengan modal investasi sekitar Rp 400 juta, pebisnis bisa bergabung dengan sistem waralaba Indomaret.

https://money.kompas.com/read/2022/07/09/214405826/syarat-dan-harga-franchise-indomaret-2022-serta-cara-daftarnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke