Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Beli Rumah? Simak Tawaran Bunga KPR dari BCA, BRI, BNI, dan BTN

Bank Indonesia (BI) diperkirakan akan mengerek suku bunga acuan pada semester II ini mengikuti kebijakan The Fed yang cukup agresif menaikkan suku bunganya.

Oleh karena itu, para calon pembeli rumah tidak boleh buang-buang waktu. Jika uang muka mencukupi maka sebaiknya segera putuskan beli rumah sebelum bunga KPR naik.

Saat ini sejumlah bank masih menawarkan promo bunga KPR yang cukup menarik.

BCA

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) hingga 31 Juli 2022, masih menawarkan bunga promo 3,99 persen fixed 3 tahun. Selain itu, bank ini juga punya tawaran suku bunga fixed 5 tahun, fixed 8 tahun, fixed 10 tahun serta suku bunga fixed berjenjang yang saat ini sedang jadi topik promosi BCA dengan bunga 4,38 persen pada tahun pertama sampai ketiga dan kemudian berjenjang sampai tahun kedelapan.

EVP Consumer Loan BCA Welly Yandoko mengatakan, BCA akan tetap berusaha memberikan suku bunga KPR terbaik meskipun ada kecenderungan tren kenaikan suku bunga.

"Termasuk suku bunga floating kami juga relatif ringan dan stabil," ujarnya kepada Kontan.co.id, Jumat (8/7/2022).

Welly mengatakan, BCA akan terus berperan dalam menyalurkan kredit dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah untuk menggerakkan roda perekonomian. Namun, tetap memperhatikan dan menyesuaikan dengan kondisi makroekonomi ke depan, termasuk perubahan BI rate.

BNI

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) saat ini menawarkan bunga KPR spesial mulai 2,76 persen khususnya untuk pembelian properti baru di mitra developer kerjasama BNI.

Pemimpin Divisi Manajemen Produk Konsumer BNI Teddy Wishadi mengatakan, promo itu berlaku hingga akhir 2022 dalam rangka HUT BNI ke-76.

Adapun bunga floating di BNI saat ini juga masih belum berubah lantaran belum terjadi penyesuaian bunga acuan BI. Hanya saja, dia tidak menyebutkan besaran bunga floating KPR perseroan saat ini.

Kemudian PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menawarkan program KPR dengan suku bunga promo mulai dari 2,88 persen fixed 1 tahun. Aestika Oryza Gunarto, Sekretaris Perusahaan BRI mengatakan, bunga promo itu akan berlaku sepanjang tahun mengikuti momen yang berlangsung atau seasonal seperti KPR HUT, KPR Lebaran, KPR Hoki, dan lain-lain.

"Selain itu, kami memiliki program promo khusus untuk ASN, TNI, dan Polri. BRI juga menjadi salah satu Bank Penyalur KPR Bersubsidi dengan bunga 5 persen sepanjang tenor khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah," kata Aestika.

BTN

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menawarkan bunga promo KPR 2,22 persen fixed 1 tahun serta bebas biaya provisi, administrasi, dan appraisal untuk pembelian hunian pada 22 pengembang yang berkontribusi signifikan dalam merealisasikan Kredit Pemilikan Rumah maupun Apartemen (KPR/KPA) non-subsidi selama 2021.

Promo ditawarkan kan lewat program pemasaran bersama bertajuk “Billionaire Developer Special Privilege Program 2022” yang akan berlaku untuk akad kredit sampai 31 Juli 2022.

"Mereka yang ikut dalam program ini merupakan pengembang properti dengan realisasi KPR Non-Subsidi terbaik selama 2021," ujar Direktur Consumer BTN Hirwandi Gafar.

Adapun ke-22 pengembang tersebut tersebut mencakup Gred Group, Duta Putra Land, Citra Swarna Group, Bersatu Sukses Group, Kalindo Group, Lentera Sinergi Utama, Alana Group, Mahkota Group, Kesuma Agung Selaras, Gan Property Group, dan MAS Group. Kemudian, PT Hikmah Alam Sentosa, Karya Makmur, Alamindo Trulynusa, Widia Persada, ISPI Group, Arya Lingga Manik, Fast Manajemen Properti, Budi Mustika, Jade Development Group, Perum Perumnas, serta Adhi Commuter Properti.  (Dina Mirayanti Hutauruk)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Simak Tawaran Bunga KPR yang Berlaku di BCA, BTN, BNI, dan BRI

https://money.kompas.com/read/2022/07/11/060700826/mau-beli-rumah-simak-tawaran-bunga-kpr-dari-bca-bri-bni-dan-btn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke