Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Tips Sukses Bangun Bisnis Startup

Managing Director OCBC NISP Ventura Darryl Ratulangi mengatakan, untuk membangun startup ada tiga tips yang bisa dilakukan. Antara lain, menetukan alasan membangun startup, menentukan ide bisnis, dan memahami kebutuhan pasar.

“Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, sebagai founder Anda harus memahami cara agar lebih siap memulai bisnis startup dan beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan,” kata Darryl dalam siaran pers, Minggu (10/7/2022).

Adapun tiga langkah yang bisa dipersiapkan untuk membangun startup, yakni:

1. Menentukan ‘WHY’

Why dalam konteks ini mengacu kepada alasan Anda berminat meluncurkan bisnis tersebut. Alasan tersebut pada umumnya berupa kombinasi dari alasan pribadi, seperti memperoleh keuntungan besar dan tanggapan untuk masalah pasar. Nantinya, “why” ini akan menjadi dasar tujuan awal bisnis.

2. Menentukan ide bisnis

Setelah menentukan “why”, pengusaha harus menentukan ide bisnis yang ingin dilakukan. Caranya dengan menentukan problem-solution berdasarkan masalah atau kebutuhan di sekitarmu atau pada industri yang telah Anda telaah. Setelahnya, Anda dapat mencari solusi dengan memperhatikan peluang dan tren yang dapat dimanfaatkan menjadi ide dasar bisnis.

3. Memahami market dan model bisnis

Setelah memahaminya, Anda harus melakukan riset mengenai ketersediaan dan minat target pasar yang dituju. Jika target pasar tersedia dan memiliki minat yang sama dengan problem-solution yang diangkat, Anda dapat mulai menyusun produk yang ingin ditawarkan, baik dalam bentuk barang maupun jasa.


Dua faktor penting lain

Darryl mengatakan, dibalik kesiapan ide bisnis, dua hal berikut juga menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan.

Pertama, pastikan bahwa produk yang dibangun oleh startup Anda sudah terdiferensiasi dengan existing product. Caranya adalah dengan menganalisis strength dan weakness produk kompetitor.

Kedua, membangun startup tidak hanya memerlukan ide bisnis yang unik dan menjanjikan, tetapi juga membutuhkan modal. Bayangkan saja rumah yang memerlukan fondasi sebagai penopang utama dari suatu struktur bangunan.

Begitu juga dengan startup yang membutuhkan modal sebagai fondasi yang akan memperkokoh dan mendukung perkembangan bisnis.

“Investor memberikan para pengusaha kesempatan untuk memperluas networking, akses ke informasi, dan pengalaman bisnis yang telah dipelajari oleh para investor dan rekan-rekan kerja mereka. Namun, pengusaha startup harus memastikan ide bisnis mereka sudah baik dan memikirkan cara menjual ide tersebut ke para investor,” tutur Darryl.

https://money.kompas.com/read/2022/07/11/130000126/-3-tips-sukses-bangun-bisnis-startup-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke