Salin Artikel

Reksa Dana Saham Syariah Industri Kesehatan Dipandang Potensial, Apa Sebabnya?

Produk ini memiliki fokus investasi di saham-saham perusahaan industri kesehatan global. Industri kesehatan global dinilai memiliki potensi yang baik.

Presiden Direktur Bahana TCW Rukmi Proborini mengatakan, sektor kesehatan termasuk sektor yang tahan banting terhadap badai karena termasuk industri yang defensif dan esensial.

Apalagi, menurut penuturan Rukmi, perekonomian global saat ini di tengah kondisi yang sedang tertekan fase stagflasi, atau minim pertumbuhan ekonomi di tengah tingginya inflasi.

"Sehingga berinvestasi pada perusahaan healthcare adalah salah satu alternatif yang menarik sesuai dengan kondisi makro ekonomi saat ini," ucap dia dalam konferensi pers virtual, Selasa (12/7/2022).

Inflasi akan mereda bertahap

Senada, Head of Wealth Management Standard Chartered Indonesia Meru Arumdalu memperkirakan, inflasi yang terjadi saat ini akan mereda hanya secara bertahap, dan menyebabkan The Fed mempertahankan sikap agresifnya.

"Menyikapi kondisi ini, sejumlah industri dinilai sebagai defensive sector atau saham defensif, seperti industri healthcare, energy dan financials di Amerika dan Eropa," ucap dia

Sedangkan, Head of Retail Sales Southeast Asia Franklin Templeton Clement Lee mengungkapkan, harga valuasi dari sektor kesehatan jauh lebih menarik.

"Indikator sektor kesehatan ini lebih defensif jika dibandingkan dari sektor-sektor lainnya," tegas dia.


Portofolio reksa dana

Sementara itu, Head of Product and Distribution Bahana TCW Randy Sugiarto menjelaskan, belakangan tren Covid-19 di DKI Jakarta sedang meningkat. Hal tersebut tergambar dari lonjakan kasus Covid-19 yang mencapai 2.000 kasus per hari.

"Hal ini merupakan dilema untuk kami. Sebenarnya semakin parah Covid-19, akan semakin bagus untuk perusahaan healthcare karena produk-produknya akan semakin banyak dibeli oleh masyarakat, sehingga meningkatkan profit yang ada di perusahaan," kata dia dalam konferensi pers virtual, Selasa (12/7/2022).

Lebih lanjut, ia menjelaskan produk reksa dana saham syariah yang akan dipasarkan saat ini memang diinvestasikan pada perusahaan healthcare di negara-negara maju.

Namun demikian, meskipun investasi diletakkan pada saham-saham kesehatan di negara maju, tetapi produk perusahaan tersebut juga dapat dikonsumsi sampai ke negara-negara berkembang.

Sedikit informasi, komposisi portofolio reksa dana ini adalah lebih dari 50 persen ditempatkan pada sektor unggulan di pasar Amerika Serikat.

Sementara sisanya diinvestasikan di sejumlah negara ekonomi utama dunia, antara lain Jepang, Perancis, Jerman, Inggris, dan Australia.

https://money.kompas.com/read/2022/07/12/130000426/reksa-dana-saham-syariah-industri-kesehatan-dipandang-potensial-apa-sebabnya-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.