Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI Sebut Rupiah Digital Berpeluang Tingkatkan Pertumbuhan Pasar Modal

Deputi Gubernur BI Doni Primanto Joewono mengatakan, mata uang digital yang diterbitkan oleh bank sentral ini dapat membantu membuka peluang bisnis baru. 

"Kita juga bisa belajar tentang implikasi dan peluang positif CBDC bagi sistem keuangan. Dengan demikian CBDC akan membantu membuka peluang bisnis dan transformasi kebijakan," ujar Doni saat acara Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (Fekdi) di Bali, Selasa (12/7/2022).

Pertimbangan penerbitan rupiah digital

Dia menjelaskan, sebelum menerbitkan CBDC rupiah, BI akan melakukan kajian mendalam seperti mendengarkan saran dari pelaku industri terkait agar CBDC ini dapat diterbitkan dengan matang.

"Oleh karena itu, penerbitan CDBC tidak boleh merugikan stabilitas moneter dan keuangan, melainkan mendukung pemenuhan mandat bank sentral dan membawa manfaat" ucapnya.

Untuk itu, pengembangan konsep CBDC rupiah akan mempertimbangkan keseimbangan optimal antara desain dan objektivitas kebijakan yang akan aktif untuk memitigasi risiko.

"Penerbitan CDBC tidak boleh merugikan stabilitas moneter dan keuangan, melainkan mendukung pemenuhan mandat bank sentral dan membawa manfaat, kata Doni.

Rupiah digital, langkah BI atasi risiko aset kripto

Sebagai informasi, CBDC merupakan langkah BI untuk mengatasi risiko stabilitas aset kripto yang berpotensi menimbulkan sumber risiko baru yang dapat mempengaruhi stabilitas ekonomi, moneter, dan sistem keuangan.

Saat ini BI tengah mendalami Central Bank Digital Currency (CBDC) atau mata uang digital yang diterbitkan oleh bank sentral.

Doni mengatakan, akhir tahun ini BI akan memasuki tahap mengeluarkan white paper (panduan) pengembangan CBDC Rupiah.

"Sekarang BI akan menerbitkan white paper dengan melakukan consultated. Saya pikir paper ini adalah langkah besar, sebelum memasuki bukti konsep dan memulai langkah (menerbitkan rupiah digital)," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2022/07/12/163000626/bi-sebut-rupiah-digital-berpeluang-tingkatkan-pertumbuhan-pasar-modal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke