Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jual Beli Emas Digital Makin Diminati, Ini Saran Pengamat Sebelum Lakukan Investasi

Langkah ini dilakukan untuk memastikan transaksi yang dilakukan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Transaksi pun dijamin keamanannya oleh lembaga kliring, dan emas fisiknya disimpan oleh lembaga depository," kata Yoyok dalam keterangan tertulis, Kamis (14/7/2022).

Yoyok mengatakan, terkait emas digital telah diatur dalam peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Nomor 4 tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka.

Pasar fisik emas digital adalah suatu kegiatan jual beli emas di pasar yang dilakukan secara elektronik.

Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa perdagangan emas digital hanya dapat difasilitasi oleh Bursa Berjangka yang telah memperoleh persetujuan dari Bappebti.

Ia mengatakan, dalam prakteknya, sebaiknya sebelum transaksi masyarakat melakukan pengecekan terhadap legalitas perusahaan yang menawarkan emas digital tersebut agar bisa terhindar dari investasi emas digital yang tidak resmi.

"Untuk itu, sebaiknya semua pemangku kepentingan di ekosistem emas digital ini secara berkelanjutan melakukan edukasi secara masif kepada masyarakat, tentang bagaimana melakukan transaksi emas digital yang resmi," ujarnya.

Yoyok melanjutkan, yang diperdagangkan pada pasar fisik adalah emas murni dengan kandungan aurum (au) paling rendah 99,9 persen.

Selain itu, memiliki sertifikat yang mencakup kode seri emas, logo, dan berat, serta satuan emas dalam berat, yakni 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, dan 1 kilogram.

Ia juga mengatakan, pasar fisik emas digital di Indonesia telah berjalan di Bursa Berjangka Jakarta sejak Maret 2022.

Adapun data dari PT Kliring Berjangka Indonesia yang berperan sebagai lembaga kliring menyebutkan bahwa sampai dengan akhir bulan Juni 2022 telah tercatat transaksi pembelian sebanyak 249.696 transaksi, dan transaksi penjualan sebanyak 366.819 transaksi.

"Dari sisi gramasi, tercatat 1.620.459 gram dalam transaksi pembelian dan 3.056.329 gram dalam transaksi penjualan. Sedangkan dari sisi nilai, untuk transaksi pembelian tercatat sebesar Rp 228,2 Miliar dan transaksi penjualan sebesar Rp 337,7 Miliar," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2022/07/14/140000826/jual-beli-emas-digital-makin-diminati-ini-saran-pengamat-sebelum-lakukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke