Salin Artikel

Pandemi Mereda, Perekonomian Pulih, OJK Wanti-wanti Pelaku Usaha Perkuat Tata Kelola Perusahaan

Terkait hal itu, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyatakan bahwa perusahaan harus memiliki tata kelola perusahaan yang siap menghadapi keadaan yang cepat berubah.

Pasalnya, menurut dia, penerapan tata kelola perusahaan yang lemah berkontribusi pada perilaku pengambilan risiko yang tidak hati-hati di sektor keuangan, yang menyebabkan masalah sistemik.

"Praktik tata kelola perusahaan menjadi semakin penting karena lembaga keuangan perlu menyesuaikan model bisnis mereka di lingkungan yang cepat berubah ini. Terutama dengan digitalisasi, persaingan yang kuat, dan keuangan yang berkelanjutan," ujar Wimboh saat acara Joint G20/OECD Corporate Governance Forum di Bali, Kamis (14/7/2022).

Oleh karenanya, begitu kondisi perekonomian mulai pulih seperti saat ini, kata WImboh, perlu untuk membangun tata kelola perusahaan lebih kuat.

"Ini berarti kita perlu memastikan scarring effect diminimalkan dengan penerapan tata kelola perusahaan yang baik yang penting dalam menentukan peran dewan dan manajemen dalam bisnis untuk memastikan semua keputusan adalah untuk kepentingan terbaik semua pemangku kepentingan," jelas Wimboh.

Selain itu, menurutnya, penguatan tata kelola perusahaan juga berarti kesiapan untuk mengembangkan sumber pertumbuhan ekonomi baru untuk pemulihan dari pandemi Covid-19 dan memitigasi risiko yang muncul.

Sebab, saat ini seluruh pihak memiliki tujuan yang sama untuk mengatasi tantangan iklim dan membangun masa depan yang lebih berkelanjutan

"Kita harus mendekati prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola secara serius seperti risiko dan peluang bisnis lainnya, untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2022/07/15/060000226/pandemi-mereda-perekonomian-pulih-ojk-wanti-wanti-pelaku-usaha-perkuat-tata

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.