Salin Artikel

BTN Berharap "Right Issue" di Kuartal IV 2022 Bakal Kuatkan Rasio Permodalan

Direktur Keuangan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Nofry Rony Poetra mengatakan, rasio CAR perusahaan dapat mencapai 20 sampai 21 persen ketika right issue sukses. Sedikit gambaran, rasio CAR BTN per Maret 2022 sebesar 18,15 persen.

"Ini peluang bagi BTN untuk meningkatkan jumlah unit rumah yang bisa direalisasikan. Dari awalnya bisa 200.000 sampai 250.000 unit, dengan right issue bisa hampir 300.000 unit rumah, juga dapat memitigasi disrupsi supply chain," kata dia dalam webinar virtual, Kamis (14/7/2022).

Ia menambahkan, saat ini perusahaan masih menunggu keputusan dari Kementerian Keuangan dan Kementerian BUMN terkait jumlah pasti penyertaan modal negara (PMN).

"Hal tersebut merupakan bagian dari proses rights issue. Kami mulai dulu dari PMN," imbuh dia.

Namun demikian, Nofry yakin aksi korporasi yang bakal dilakukan BTN akan merengkuh kesuksesan, seperti yang pernah dilakukan.

"Kami percaya ini akan diserap oleh market, karena kami sudah test case juga beberapa tahun lalu, dengan kami masuk ke market awal tahun. Walau sebenarnya, awal tahun dan akhir tahun hampir sama kondisi marketnya," tutupnya.

Sedikit informasi, sebelumnya BTN pernah menerbitkan Junior Global Bond pada 2020. Junior Global Bond tersebut mampu mencatatkan kelebihan permintaan hingga 12,3 kali atau mencapai 3,6 miliar dollar AS. Padahal, perusahaan hanya menerbitkan 300 juta dollar AS, atau setara kurang lebih sekitar Rp 4,2 triliun.

https://money.kompas.com/read/2022/07/15/120000626/btn-berharap-right-issue-di-kuartal-iv-2022-bakal-kuatkan-rasio-permodalan

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.