Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyaluran Kredit Baru Kuartal II Diproyeksi Melesat, Ini Buktinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyaluran kredit baru pada periode kuartal II-2022, diproyeksi tumbuh signifikan dibanding kuartal sebelumnya. Ini terefleksikan dari hasil survei Bank Indonesia (BI) yang menunjukan, Saldo Bersih Tertimbang (SBT) kredit baru sebesar 96,9 persen, lebih tinggi dari periode tiga bulan pertama tahun ini sebesar 64,8 persen.

Dilihat berdasarkan jenis penggunaannya, pertumbuhan penyaluran kredit baru terjadi pada seluruh jenis kredit. Tercatat SBT kredit modal kerja sebesar 92 persen, kredit investasi sebesar 89,8 persen, dan kredit konsumsi sebesar 74 persen.

Lalu, jika dilihat secara sektoral, SBT pertumbuhan penyaluran kredit baru tertinggi tercatat pada sektor pertanian, perburuan, kehutanan dengan SBT sebesar 75,1 persen, diikuti oleh sektor perdagangan besar dan eceran dan sektor perikanan dengan SBT masing-masing sebesar 68,8 persen dan 58,9 persen.

"Survei Perbankan Bank Indonesia mengindikasikan penyaluran kredit baru secara triwulanan (qtq) pada triwulan II 2022 tumbuh positif," ujar Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, dalam keterangannya, Selasa (19/7/2022).

Adapun pada kuartal III-2022, penyaluran kredit baru diproyeksi tetap tumbuh secara kuartalan, namun mengalami perlambatan. Hasil survei menunjukan, SBT prakiraan permintaan kredit baru pada kuartal III-2022 sebesar 95,7 persen.

Prioritas utama responden dalam penyaluran kredit baru di kuartal III-2022 adalah kredit modal kerja, diikuti oleh kredit investasi dan kredit konsumsi. Lalu, pada jenis kredit konsumsi, penyaluran kredit kepemilikan rumah/apartemen masih menjadi prioritas utama, diikuti oleh kredit multiguna dan kredit kendaraan bermotor.

Berdasarkan sektor, penyaluran kredit baru pada triwulan III 2022 diprioritaskan pada sektor perdagangan besar dan eceran, sektor industri pengolahan, dan sektor perantara keuangan.

"Hasil survei menunjukkan responden tetap optimis terhadap pertumbuhan kredit ke depan," ucap Erwin.

https://money.kompas.com/read/2022/07/19/150000326/penyaluran-kredit-baru-kuartal-ii-diproyeksi-melesat-ini-buktinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke