Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenhub Sebut Keselamatan Pelayaran di Selat Malaka Tak Hanya Tanggung Jawab 3 Negara

Kemenhub menilai dukungan dan peran serta International Maritime Organization (IMO), negara-negara pengguna, serta pihak terkait sangat diperlukan guna memastikan kedua Selat tersebut tetap aman, terbuka, dan selamat untuk melaksanakan kegiatan pelayaran.

Hal tersebut dikemukakan Direktur Kenavigasian Kementerian Perhubungan, Hengky Angkasawan dalam pertemuan Cooperation Forum (CF) ke-13 yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia yang berlangsung dari 18-19 Juli 2022.

"Oleh karenanya, Cooperative Mechanism telah terbukti perannya sebagai sebuah kerangka kerja yang praktis dan efektif untuk kerja sama Internasional di Selat Malaka dan Selat Singapura," ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (19/7/2022).

Lebih lanjut Hengky menjelaskan, Cooperation Forum merupakan salah satu dari tiga pilar Cooperative Mechanism. Fungsinya yakni sebagai sarana untuk melakukan dialog dan bertukar pandangan mengenai isu-isu yang merupakan kepentingan bersama di Selat Malaka dan Selat Singapura.

Melalui forum inilah ide terkait proyek-proyek baru seputar peningkatan keselamatan dan perlindungan lingkungan maritim di Selat Malaka dan Selat Singapura dapat diwujudkan. Dia bilang, semua pihak yang terlibat wajib untuk merasa bangga atas prestasi yang telah dicapai oleh Cooperative Mechanism selama 15 tahun terakhir.

"Pencapaian ini menggarisbawahi pentingnya kita semua bekerja sama untuk meningkatkan keselamatan pelayaran dan perlindungan lingkungan maritim di Selat Malaka dan Selat Singapura karena Pelayaran akan selalu menjadi urat nadi perekonomian dunia," kata dia.

Untuk itulah pada kesempatan tersebut, Hengky menyerukan ajakan kepada semua negara pengguna serta pemangku kepentingan lainnya untuk terus berkomitmen dalam mendukung Cooperative Mechanism dan berbagai proyek di bawah kerangkanya.

Cooperation Forum adalah pertemuan tahunan di bawah kerangka Cooperative Mechanism yang dilakukan secara bergiliran oleh tiga negara secara urutan alfabetikal.

https://money.kompas.com/read/2022/07/19/192705326/kemenhub-sebut-keselamatan-pelayaran-di-selat-malaka-tak-hanya-tanggung-jawab

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke