Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kondisi Perekonomian Tak Menentu, Elon Musk Jual 75 Persen Bitcoin Tesla Rp 14 Triliun

Dilansir dari Coindesk, Tesla menjual 75 persen kepemilikan Bitcoin dengan harga 936 juta dollar AS atau setara sekitar Rp 14 triliun (asumsi kurs Rp 15.000 per dollar AS). Nilai tersebut sebenarnya jauh lebih rendah dari biaya yang dikeluarkan Tesla pada saat membeli Bitcoin pada akhir 2021.

CEO Tesla Elon Musk mengatakan, pihaknya memutuskan untuk menjual Bitcoin untuk memaksimalkan posisi kas perusahaan. Ini disampaikan Elon dalam paparan kinerja Tesla.

"Dengan mempertimbangkan ketidakpastian lockdown Covid di China," ujar Elon Musk, dikutip dari Coindesk, Kamis (21/7/2022).

Meskipun demikian, Elon Musk memastikan, aksi tersebut bukan merupakan akhir dari hubungan Tesla dengan Bitcoin. Ia tidak menutup kemungkinan, Tesla kembali meningkatkan kepemilikan Bitcoin nantinya.

Dengan aksi penjualan tersebut, sampai dengan akhir kuartal II-2022 Tesla memiliki Bitcoin senilai 218 juta dollar AS. Jauh lebih rendah dibanding posisi tiga kuartal sebelumnya di kisaran 1,26 miliar dollar AS.

Sebagaimana diketahui, pada Februari tahun lalu Tesla mengumumkan pembelian Bitcoin senilai 1,5 miliar dollar AS. Keputusan ini langsung direspons positif oleh pasar, sehingga harga aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar itu melesat.

Pada bulan berikutnya, Tesla memutuskan untuk menerima Bitcoin sebagai instrumen pembayaran pembelian kendaraannya. Namun, tidak berselang lama keputusan ini dibatalkan, dengan beralasan dampak penambangan Bitcoin terhadap lingkungan.

https://money.kompas.com/read/2022/07/21/124204126/kondisi-perekonomian-tak-menentu-elon-musk-jual-75-persen-bitcoin-tesla-rp-14

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke