Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pesawat Citilink Balik ke Bandara Juanda Surabaya Usai 15 Menit Lepas Landas, Pilot Meninggal Dunia

Direktur Utama PT Citilink Indonesia Dewa Kadek Rai mengatakan, setelah pesawat lepas landas sekitar 15 menit, penerbangan kembali ke Bandara Juanda, Surabaya dikarenakan pilot mengalami darurat kesehatan

"Pesawat tersebut telah mendarat kembali pukul 07.00 WIB di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya dengan baik dan selamat," kata Rai dalam keterangannya, Kamis.

Rai mengatakan, petugas darat bersama seluruh stakeholders di Bandara Juanda Surabaya telah menyiapkannya prosedur penanganan evakuasi darurat kesehatan dengan sangat cepat dan baik.

"Pilot telah ditangani oleh pihak dokter di rumah sakit terdekat," ujar Rai.

Penumpang gunakan penerbangan pengganti

Rai mengatakan, petugas Citilink Indonesia di Surabaya telah menginformasikan dan memberikan penjelasan kepada penumpang serta memberikan Service on ground, dan penumpang dapat menerima informasi tersebut dengan baik.

Ia juga mengatakan, untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang, Citilink Indonesia melakukan penggantian pesawat serta seluruh crew, dan penerbangan tersebut telah diterbangkan kembali pada pukul 10.46 WIB.


Pilot dinyatakan meninggal, diterbangkan ke Jakarta

Terkait kondisi pilot, Rai mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan dokter dari pihak rumah sakit setempat dinyatakan bahwa pilot telah meninggal dunia.

Citilink, kata dia, mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian pilot tersebut yang selama ini dikenal baik dan memiliki dedikasi yang tinggi selama bertugas.

"Kami juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi," kata dia.

Lebih lanjut, Rai mengatakan, almarhum akan diterbangkan hari ini dari Surabaya menuju Jakarta dan jenazah akan disemayamkan di sesuai dengan penanganan prosedur yang berlaku.

https://money.kompas.com/read/2022/07/21/132451426/pesawat-citilink-balik-ke-bandara-juanda-surabaya-usai-15-menit-lepas-landas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke