Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Moeldoko: Harga TBS Sawit Anjlok, Petani Lemas Hadapi Situasi Ini

Meski begitu, ia meminta para petani untuk kembali bersemangat. Sebab pemerintah sudah melakukan berbagau upaya agar harga TBS sawit kembali naik.

"Pesan saya ke petani harus tetap semangat dalam menghadapi situasi saat ini. Petani lemas menghadapi situasi ini (harga TBS sawit anjlok). Tapi ayo, supaya semangatnya jangan turun, karena pemerintah sudah ambil langkah," ujarnya dalam Kompas Talks dengan tema Kondisi Perdagangan Kelapa Sawit Nusantara yang disiarkan virtual, Kamis (21/7/2022).

Moeldoko mengatakan pemerintah sudah membuka kembali ekspor CPO agar minyak sawit di tangki-tangki perusahaan bisa tersalurkan ke pasar internasonal. Hal itu akan membuat perusahaan bisa menyerap TBS sawit petani sehingga harganya kembali naik. 

Namun Moeldoko juga mengungkapkan bahwa harga TBS sawit tak bisa langsung naik. Sebab ada masalah lain yakni adanya ketidaksiapakn kapal-kapal pengangkut CPO beroperasi.

"Karena pemerintah ambil langkah, begitu kebijakan ekspor dibuka gak ujug-ujug bisa segera (harga TBS sawit turun). Karena tangki (pabrik CPO) penuh, karena kapal belum siap," kata Moeldoko

Meski begitu, ia mengatakan bahwa pemerintah sudah berbicara dengan asosiasi pengusaha perkapalan terkait persoalan kapal pengangkut CPO. Ia berharap akan banyak kapal yang sudah siap untuk mengangkut CPO ke negara-negara tujuan ekspor pada bulan ini.

Dalam kesempatan itu, Moeldoko juga meminta ke petani sawit untuk mengatur keuangannya dengan baik agar bisa tetap bertahan di berbagai situasi, termasuk saat harga sawit anjlok.

"Jadi begitu harga turun, enggak mulas perutnya karena memikirkan situasi yang sulit. Saya mengimbau agar masyarakat kita untuk mengelola keuangan dengan baik, memikirkan anak- anak kita, cucu-cucu kita agar bisa sekolah, jangan pernah turun semangatnya," ungkap Moeldoko.

https://money.kompas.com/read/2022/07/21/190824926/moeldoko-harga-tbs-sawit-anjlok-petani-lemas-hadapi-situasi-ini

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke