Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahlil: Dulu Membuat Izin UMKM Susahnya Minta Ampun...

"Dulu waktu membuat izin UMKM ini susahnya minta ampun. Saya pernah membuat anekdot, kalau kita pergi Makkah, umrah jelas berapa putaran dan berapa waktu lamanya. Tapi kalau kita urus izin di Republik ini, hanya Tuhan yang tahu tanda tangan dan kapan izin keluar selesainya," katanya secara virtual, Kamis (21/7/2022).

Dia memastikan bahwa pemerintah membebaskan biaya mengurus izin usaha bagi para pelaku UMKM. Selain itu kata dia, proses seritifikasi halal dan proses standar nasional Indonesia (SNI) juga dipercepat.

Menurut Bahlil, pemeirntah mempermudah pelaku UMKM mengurus izin usaha karena UMKM merupakan penopang atau penyelamat perekonomian Indonesia saat mengalami krisis tahun 1997-1998.

"Pada tahun 98, yang menjadi benteng pertahanan ekonomi nasional yang menjaga ibu pertiwi itu UMKM. Bukan pengusaha-pengusaha besar seperti saya dulu, bukan," ucapnya.

Bahlil mengatakan bahwa pada periode itu, pertumbuhan ekonomi nasional minus 13 persen, inflasi 88 persen, cadangan devisa tersisa 17 miliar dollar AS. Hal tersebut membuat bisnis para pengusaha besar runtuh. Namun pelaku UMKM justru bisa bertahan. 

Meski begitu, Bahlil mengakui bahwa pemerintah belum hadir secara maksimal untuk mengurus sektor UMKM. Oleh karena itu, ia berharap beberapa kebijakan yang dibuat pemerintah bisa mempermudah pelaku UMKM mengembangkan usahanya.

https://money.kompas.com/read/2022/07/21/192741826/bahlil-dulu-membuat-izin-umkm-susahnya-minta-ampun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke