Salin Artikel

Asosiasi Fintech Berharap Dekom Baru OJK Dukung Eksistensi dan Kreativitas Industri

"Karena menargetkan masyarakat yang unbankable dan underserved kita berharap bahwa posisi ini terus bisa dipertahankan dan didukung (Dewan Komisaris) OJK yang baru," kata Direktur Eksekutif AFPI Kuseryansyah dalam diskusi secara virtual, Jumat (22/7/2022).

Kus mengatakan, eksistensi industri fintech lending hanya bisa bertahan dengan kreativitas untuk melihat segmen yang dibutuhkan di masyarakat.

"Untuk melihat segmen mana yang potensial dan mana yang bisa dimasuki oleh fintech lending, untuk itu, kita harap inovasi ini tetap dibuka ke depan," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal AFPI Sunu Widyatmoko mengatakan, kerja industri fintech lending berbasis pada kolaborasi dengan banyak pihak termasuk OJK.

Karenanya, ia berharap, OJK melalui POJK Nomor 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Berbasis Teknologi Informasi dapat memperkuat kolaborasi dengan lembaga jasa keuangan.

"Kita juga melihat bahwa ada potensi kerja sama yang bisa ditingkatkan adalah dengan layanan-layanan sektor pendukung yang ada di inovasi layanan digital di OJK, kita dapat sinergikan ini dalam bentuk kolaborasi yang lebih konkrit," kata Sunu.

Sebelumnya, Dewan komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2022-2027 telah dilantik Mahkamah Agung (MA) pada Rabu (20/7/2022).

Ketua MA Syarifuddin mengukuhkan Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota DK OJK yang periode 2022-2027 berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 51/P tahun 2022.

"Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 51/P tahun 2022 tanggal 9 Mei 2022. Saudara-saudara telah diangkat sebagai Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota Dewan Komisioner OJK," ujar Syarifuddin saat pelantikan, Rabu (20/7/2022).

Berikut daftar Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027 yang telah dilantik hari ini:

1. Mahendra Siregar sebagai Ketua merangkap anggota.

2. Mirza Adityaswara sebagai Wakil Ketua merangkap Ketua Komite Etik dan anggota.

3. Dian Ediana Rae sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap anggota.

4. Inarno Djajadi sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap anggota.

5. Ogi Prastomiyono sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya merangkap anggota.

6. Sophia Issabella Watimena sebagai Ketua Dewan Audit merangkap anggota.

7. Friderica Widyasari Dewi sebagai anggota yang membidangi edukasi dan perlindungan Konsumen.

8. Doni Primanto Joewono sebagai anggota ex-officio dari Bank Indonesia.

9. Suahasil Nazara sebagai anggota ex-officio dari Kementerian Keuangan.

https://money.kompas.com/read/2022/07/22/183900926/asosiasi-fintech-berharap-dekom-baru-ojk-dukung-eksistensi-dan-kreativitas

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.