Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Tukarkan Bitcoin Menjadi Rupiah

Oleh: Alifia Riski Monika dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Mata uang kripto diartikan sebagai aset digital terenkripsi yang digunakan sebagai alat tukar. Dalam skemanya, mata uang kripto menggunakan sistem kriptografi yang berarti mata uang ini memiliki kode rahasia rumit sehingga tidak dapat dipalsukan.

Berdasarkan riset tahun 2021, mayoritas pengguna mata uang kripto berasal dari negara-negara di Asia. Indonesia sendiri per Desember 2021, menempati posisi keempat sebagai negara dengan pengguna kripto terbesar di dunia.

Bitcoin merupakan salah satu jenis mata uang kripto yang sudah diciptakan semenjak tahun 2009. Penggunaan bitcoin tak terbatas untuk alat tukar dalam bertransaksi saja, namun juga dapat dikumpulkan menjadi aset investasi.

Tapi, apakah bitcoin hanya ada dalam bentuk digital saja? Perlu diketahui, bahwa bitcoin dapat ditukarkan menjadi rupiah. Caranya bisa didengarkan lewat siniar CUAN bertajuk “Tiga Cara Menukar Bitcoin Jadi Rupiah yang Perlu Kamu Tahu”.

Hal yang Wajib Diketahui

Namun, sebelum menukarkan bitcoin menjadi rupiah, berikut beberapa hal yang wajib diketahui.

Pertama adalah pemotongan pajak pada setiap transaksi pembelian atau penjualan kripto. Ketentuan ini sudah ditetapkan pada Mei 2022.

Selain itu, dikenakan PPN sebesar satu persen dari nilai kripto bagi yang melakukan transaksi melalui platform yang terdaftar di Bappebti.

Sementara platform di luar Bappebti, akan dikenakan pajak sejumlah dua persen. Untuk penghasilan yang dihasilkan investor kripto pun akan dikenakan PPh 0,1 hingga 0,2 persen.

Kedua adalah dikenakan biaya layanan ketika bitcoin ditukarkan menjadi mata uang rupiah. Namun, jumlah biaya layanan itu tergantung dari platform yang digunakan.

Ketiga adalah memperhitungkan waktu transfer bitcoin ke bank yang dituju. Transfer uang berbentuk bitcoin ke bank untuk menjadi rupiah tak secepat proses transfer sesama uang rupiah atau sebaliknya.

Dibutuhkan proses beberapa hari yang akan memakan waktu. Jika sedang terburu-buru, sebaiknya kita perhitungkan terlebih dahulu waktu transfernya.

Cara Tukar Bitcoin ke Rupiah

Selanjutnya, simak cara menukarkan bitcoin ke mata uang rupiah agar tak kebingungan lagi.

Tukarkan melalui Mesin ATM

Meskipun bitcoin bukanlah bank, namun ia memiliki ATM khusus yang dapat menarik uang dalam bentuk tunai. Amerika Serikat pada 2021 menjadi negara dengan jumlah ATM Kripto terbanyak, yakni sejumlah 17.436 unit.

Selain itu ATM ini juga sudah tersedia di Kanada, Inggris, hingga HongKong.

Meski Indonesia adalah negara pengguna kripto terbesar keempat di Asia, namun di negara kita baru memiliki tiga ATM bitcoin yang tersebar di tiga lokasi, yakni di Glodok, Jakarta Barat serta Ubud dan Kuta di Bali.

Namun bagi kamu yang tidak tinggal di ketiga lokasi tersebut jangan sedih. Kamu masih bisa melakukan cara kedua untuk menukarkan bitcoin ke rupiah.

Layanan Peer-to-peer

Layanan ini memungkinkan kamu untuk mendapat penawaran harga terbaik karena sistemnya sama seperti di marketplace. Hal ini ditunjukkan dengan adanya banyak penjual yang menawarkan bitcoin dengan berbagai harga.

Jika tertarik untuk membeli, kita juga dapat bertransaksi dengan penjualnya secara langsung.

Tidak diperlukan identitas untuk melakukan layanan ini sehingga dapat dilakukan secara anonim. Namun, kekurangan dari layanan ini adalah harus menunggu adanya pembeli kripto sebelum dapat menjual.

Sama seperti ATM, layanan ini juga tidak bisa membuat dana cair dalam sekejap. Meskipun begitu, ada cara lain yang bisa digunakan sebagai alternatif.

Melalui Platform Exchange Crypto

Sama halnya dengan tempat money changer yang dapat menukarkan mata uang asing ke rupiah.

Penukaran kripto juga dapat dilakukan melalui layanan penukaran secara digital. Artinya, ia bisa dilakukan melalui laptop atau gawai.

Penjualan dapat dilakukan dengan cara memiliki akun beserta dompet kripto pada platform yang dipakai. Jika kripto terjual, maka hasil dari penjualannya itu dapat ditarik ke rekening bank.

Akan tetapi, harus diperhatikan pula kebijakan yang berlaku di setiap platform karena mereka memiliki waktu pencairan dana yang berbeda-beda.

“Tiga Cara Menukar Bitcoin Jadi Rupiah yang Perlu Kamu Tahu” bisa diakses melalui tautan berikut dik.si/cuan_menukar. Dengarkan episode siniar CUAN (Cari Untung Bareng Teman) di Spotify untuk menambah pengetahuan cuan lainnya seputar investasi, bisnis, maupun finansial.

https://money.kompas.com/read/2022/07/26/210000026/3-cara-tukarkan-bitcoin-menjadi-rupiah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke