Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

MenkopUKM Yakin Produk UMKM Official Merchandise G20 Siap Bersaing di Pasar Global

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, UMKM yang terpilih menjadi official merchandise G20 sudah siap bersaing di pasar global.

Ia menjelaskan, adanya produk-produk UMKM dalam perhelatan G20 akan menjadi ajang promosi yang efektif. Pasalnya, side event Presidensi G20 Indonesia memiliki sekitar 269 acara.

"Jadi kalau semua official merchandise, suvenir, oleh-olehnya menggunakan produk UMKM, saya kira ini akan jadi ajang promosi yang sangat efektif," kata dia dalam konferensi pers, Selasa (26/7/2022).

Ia menjelaskan, G20 nanti akan akan dihadiri oleh perwakilan penting dari setiap negara. Dengan menghadirkan produk UMKM yang baik, harapannya perwakilan negara tersebut dapat menarasikan pengalamannya dengan produk UMKM Indonesia.

"Jadi jangan dipertentangkan. Lalu yang tidak dipromosikan di sini bagaimana? Karena itu segmen pasarnya berbeda, jadi yang ini yang kami bawa ke depan," ucap dia.

"Kami juga memperhatikan keunggulan komparatis dibandingkan dengan negara-negara lain. Oleh karena itu ketika dikurasi produknya, kami juga memperhatikan itu," timpal dia.

Untuk itu, pihaknya berjanji akan melakukan pendampingan kepada UMKM mulai dari sisi produksi, kemasan, hingga branding-nya. Selain itu, Teten bilang, SMESCO sebagai kamar dagang KemenkopUKM juga siap melakukan bisnis matching ketika terdapat permintaan terhadap produk selama side event G20.

"Ini penting karena UMKM kalau bikin satu atau dua biji bagus, tetapi kalau sudah massal mulai standarnya kedodoran," ucap dia.

Teten optimistis, produk UMKM yang telah terkurasi ini telah melewati banyak ujian di dalam negeri.

"Misalnya di MBloc, PosBloc, dan Sarinah bisa menjadi daya tarik orang ke sana. Sarinah itu sudah 41.000 kunjungan per hari. Itu di dalamnya semua produk UMKM," tegas dia.

Terakhir, Teten berharap produk UMKM Indonesia dapat diterima di pasar dalam negeri dan luar negeri.

"Kami optimistis dapat diterima di pasar dunia. Ekosistem ini harus diperbaiki. Jadi harapan kita untuk produk UMKM menguasi pasar dalam negeri dan luar negeri dapat jadi kenyataan," pungkas dia.

https://money.kompas.com/read/2022/07/26/214500126/menkopukm-yakin-produk-umkm-official-merchandise-g20-siap-bersaing-di-pasar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke