Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menapaki Usia 66 Tahun, Bank Danamon Dorong Kinerja Berkelanjutan Melalui Inovasi dan Kolaborasi

Bank Danamon juga terus mendorong kinerja dengan langkah kolaborasi dengan anak perusahaannya, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance).

Kerja sama antara kedua perusahaan tersebut telah memperkuat ekosistem pembiayaan otomotif di Indonesia melalui berbagai inovasi produk pembiayaan dan pemasaran otomotif.

Hal ini salah satunya ditunjukkan melalui keikutsertaan Danamon dalam mendukung Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 yang berlangsung beberapa waktu yang lalu di Jakarta, di mana Danamon bersama Adira Finance, dan didukung oleh MUFG, mendapat respon positif dari industri maupun pasar otomotif nasional.

“Pada perhelatan ini Danamon dan grup mencatat pencapaian memuaskan berupa penyaluran kredit kepemilikan kendaraan bermotor (KPM Prima) sebanyak 2.000 unit dengan total nilai Rp 300 miliar,” kata Yasushi Itagaki, Direktur Utama Danamon.

Yasushi mengatakan, tahun 2022 merupakan titik balik kebangkitan ekonomi dan kembalinya optimisme di Indonesia setelah ketidakpastian dan tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19. Bagi Danamon ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat membanggakan.

“Kami sangat merasa bersyukur dapat melewati sebuah perjalanan panjang di Indonesia. Pencapaian ini bukanlah suatu hal yang mudah. Dukungan dari MUFG dan anak perusahaan Adira Finance juga menjadi faktor penting dari keberhasilan kami selama ini,” ujar Yasushi.

Yasushi mengatakan, Danamon berkomitmen untuk selalu memberikan produk dan layanan terbaik selama masa pandemi kepada para nasabah dan komunitas sesuai dengan nilai-nilai yang dimiliki oleh Danamon, yaitu Berkolaborasi, Integritas, Sigap Melayani dan Adaptif (BISA).

“Tantangan pandemi selama hampir dua tahun yang lalu tidak menyurutkan Danamon untuk terus memberikan layanan terbaik kepada para nasabah dan memperkuat bisnis perusahaan. Hal ini terbukti dari hasil dari Laporan Keuangan tahun buku 2021 yang diumumkan pada bulan Maret yang lalu,” ujar Yasushi.

Selama tahun 2021, Danamon mampu untuk mempertahankan pertumbuhan profitabilitas yang positif serta memperkuat fundamental bisnis di tengah berbagai tantangan pandemi dan ekonomi. Bahkan, Danamon terus melakukan investasi di berbagai bidang, termasuk Saluran Digital, IT, Branding, dan Sumber Daya Manusia.

Dengan pertumbuhan laba sebesar 56 persen, Danamon membukukan laba bersih setelah pajak (NPAT) konsolidasi pada tahun 2021 sebesar Rp 1,6 triliun. Kredit di segmen Enterprise Banking, yang terdiri dari Perbankan Korporasi dan Komersial serta Lembaga Keuangan naik 6 persen mencapai Rp 58 triliun dibandingkan tahun sebelumnya.

Dibandingkan dengan tahun 2020, Danamon juga membukukan pertumbuhan pada giro dan tabungan (CASA) sebesar 11 persen yang kini tercatat sebesar Rp 73 triliun, sehingga rasio CASA meningkat hingga 59,1 persen

“Danamon juga mendapat peringkat simpanan jangka panjang dan Adjusted Baseline Credit Assessment (BCA) oleh sebuah lembaga pemeringkat global, Moody’s Investor Service, menjadi Baa1,” tambah dia.


Selain berivovasi, Danamon juga menerapkan sistem open banking yang marak dalam beberapa tahun terakhir di sektor perbankan di Indonesia. Danamon menerapkan sistem open banking di dalam kerja sama yang dilakukan oleh Danamon dengan Investree, salah satu perusahaan P2P Lending terkemuka di Indonesia.

“Dengan dukungan dari API Danamon, lebih dari 25.000 pengguna aktif Investree dapat dengan mudah, cepat dan aman membuka rekening bank, dengan prosedur Know Your Customer (KYC) yang seluruhnya online, termasuk transfer data, verifikasi video dan lainnya,” jelas dia.

Setelah Rekening Dana Lender (RDL) aktif, pengguna akan mendapatkan kiriman kartu debit yang dapat diaktifkan secara online. Setiap pengguna Investree dapat dengan mudah melakukan berbagai transaksi perbankan tanpa harus meninggalkan platform Investree.

RDL ini juga memberikan banyak keuntungan lain bagi para pengguna, seperti transfer online gratis, tidak ada biaya administrasi, gratis penarikan tunai di ATM dan banyak lainnya.

“Kami terus melakukan inovasi tanpa henti yang selama ini, termasuk meluncurkan berbagai solusi keuangan dan perbankan yang andal bagi semua nasabah kami,” tegas dia.

Di tahun ini, Danamon juga berkomitmen untuk mencapai net-zero emission dalam kegiatan operasional dan usaha pada tahun 2030. Danamon telah secara proaktif menerapkan berbagai tindakan dalam mengurangi emisi karbon, antara lain dengan memasang solar panel di gedung-gedung Danamon.

Danamon juga mengajak karyawan serta komunitas untuk memasang solar panel melalui program pembiayaan yang mudah dan ringan, serta melakukan perkiraan dan pengaturan emisi Gas Rumah Kaca secara grup, termasuk anak perusahaan Adira Finance.

“Upaya tersebut mendorong Danamon berhasil menurunkan kadar emisi sebesar 24,6 persen sejak tahun 2019 sehingga berada di 45.3K CO2e Metrik Ton pada tahun fiskal 2021. berbagai program giving back yang kami lakukan selama masa pandemi merupakan bentuk tanggung jawab yang kami harus lakukan sebagai bentuk rasa syukur serta apresiasi terutama di momen ulang tahun Danamon yang ke-66 ini,” tutup Yasushi.

https://money.kompas.com/read/2022/07/27/150000326/menapaki-usia-66-tahun-bank-danamon-dorong-kinerja-berkelanjutan-melalui

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke