Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bos BCA Pertimbangkan Kekayaan Intelektual Jadi Jaminan Utang Tambahan

Seperti diketahui, kekayaan intelektual seperti konten YouTube dapat dijadikan jaminan utang bank dan nonbank berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif.

Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, BCA akan mempertimbangkan kekayaan intelektual sebagai jaminan tambahan utang bukan jamninan utama utang.

"Kita mungkin akan mempertimbangkan hal itu sebagai jaminan tambahan. Jadi bukan jaminan satu-satunya ya karena kita tahu yang namanya kredit itu bisa berbagai macam jaminan. Ini mungkin kita akan coba mempertimbangkan sebagai jaminan tambahan bukan jaminan utama," ucapnya saat konferensi pers, Rabu (27/7/2022).

Menurut PP Nomor 24 Tahun 2022, terdapat beberapa kriteria kekayaan intelektual yang dapat dijadikan jaminan utang. Salah satunya ialah kekayaan intelektual yang dinilai oleh tim penilai yang berkompeten.

Oleh karenanya, dia bilang, tidak sembarang kekayaan intelektual dapat dijadikan jaminan utang di BCA. Pasalnya, BCA sebagai lembaga keuangan perlu mengetahui berapa nilai pasti dari kekayaan intelektual tersebut.

"Namun ada ketentuan juga tentunya, kalau bank mau menerima jaminan harus ada penilaian dari pihak independen," jelas Jahja.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pihak independen ini nantinya akan bertugas menilai valuasi sebuah kekayaan intelektual yang akan dijadikan jaminan utang serta menilai dari sisi cash flownya.


Kemudian, dari sisi legal, BCA juga masih akan terus mendalami potensi dan risiko atas jaminan utang berupa kekayaan intelektual.

Pasalnya, berdasarkan riset yang dia dapatkan, kebijakan kekayaan intelektual menjadi jaminan utang baru diterapkan di Indonesia. Dia bilang, di negara-negara lain ada kebijakan yang sama tapi tidak diterapkan di lapangan.

"Secara legal akan kita dalami juga, kalau harus mengeksekusi ini bagaimana caranya, apa yang mau dieksekusi, apa yang akan kita dapatkan. Ini yang akan kita pelajari lebih mendalam," ungkapnya.

Kendati demikian, dia mendukung langka pemerintah untuk menerapkan kekayaan intelektual sebagai jaminan utang bank.

"Jadi saya pikir ini suatu terobosan yang baik sekali. Namun dalam pelaksanaan tentu kita harus lebih mendalami dan mempelajari segala aspeknya, dari aspek legal dan dari aspek pelaksanaan realisasinya di lapangan seperti apa," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2022/07/27/175824426/bos-bca-pertimbangkan-kekayaan-intelektual-jadi-jaminan-utang-tambahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke