Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Semester I 2022, Bank Mandiri Tutup 40 Kantor Cabang, Siapkan 241 "Smart Branch"

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, saat ini Bank Mandiri tengah mengoptimalkan efektivitas kanal digitalnya melalui Livin' by Mandiri, Kopra, dan Smart Branch.

Namun, dia menekankan, fokus perseroan bukan pada berapa banyak kantor cabang yang akan ditutup tetapi lebih kepada ingin melihat seberapa besar kebutuhan nasabah untuk dilayani oleh kantor cabang.

"Sampai dengan Semester I sudah lebih kurang 40 cabang yang kami tutup," ujar Darmawan saat Paparan Kinerja, Kamis (28/7/2022).

Pasalnya, saat ini Bank Mandiri tengah mempersiapkan layanan Smart Branch yang akan diluncurkan dalam waktu dekat sebanyak 241 Smart Branch.

Dengan smart branch, proses beragam kebutuhan finansial nasabah di kantor cabang menjadi lebih cepat dengan bantuan teknologi.

Adapun, Mandiri Smart Branch akan hadir dalam tiga tipe kantor cabang, antara lain Digital Box, Hybrid Branch, dan Upgrade Branch.

Dengan Smart Branch tipe upgrade, nasabah Bank Mandiri tidak hanya mendapatkan layanan secara konvensional di kantor cabang tetapi juga akan dilengkapi dengan layanan secara digital melalui digital corner.

"Nasabah akan merasakan welcoming impression terhadap layanan Bank Mandiri di cabang akan lebih cepat dan lebih mudah," ucapnya.

Kendati demikian, untuk saat ini pihaknya masih belum mendesain teknologi dan menargetkan Smart Branch agar dapat mengurangi secara drastis jumlah kantor cabang Bank Mandiri.

Sebab, perseroan ingin nasabah merasakan kemudahan dari layanan digital terlebih dahulu.

Setelah merasakan, nasabah menjadi dapat menentukan apakah akan lebih condong menggunakan kanal digital atau tetap merasa perlu mendatangi kantor cabang.

"Nanti ke depan kami akan lihat tren apakah memang akan masih banyak nasabah yang akan datang ke cabang, atau memang cabang itu sudah merupakan outlet yang mungkin nasabah masih perlu datang tapi untuk transaksi sudah lebih banyak di channel digital," ungkapnya.

https://money.kompas.com/read/2022/07/29/053000626/semester-i-2022-bank-mandiri-tutup-40-kantor-cabang-siapkan-241-smart-branch-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke