Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terima Hasil Pemeriksaan BPK, Ini Kata Bos KAI

Berdasarkan pemeriksaan BPK, KAI telah memperhitungkan secara wajar tagihan Kewajiban Pelayanan Publik Bidang Angkutan Kereta Api Pelayanan Kelas Ekonomi 2021 dan pelaksanaan kewajiban pelayanan publik Tahun 2021.

Hal ini juga telah didukung oleh sistem pengendalian internal yang memadai serta dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam semua hal yang material.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, hasil pemeriksa BPK tersebut bermanfaat bagi KAI dalam melakukan perbaikan yang berkelanjutan, khususnya untuk melaksanakan penugasan penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik ke depannya.

"KAI berpedoman pada nilai-nilai utama Perusahaan yang telah diamanatkan Kementerian BUMN yaitu akhlak, amanah sebagai salah satu core values bermakna memegang teguh kepercayaan yang diberikan memiliki relevansi yang kuat dalam konteks pelaksanaan penugasan PSO yang diberikan Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan, hingga tindak lanjut atas rekomendasi dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang diterbitkan oleh BPK RI," kata Didiek dalam keterangan tertulis, Jumat (30/7/2022).

Didiek mengatakan, menindaklanjuti temuan BPK ini bertujuan agar perbaikan tata kelola pengelolaan PSO serta meningkatkan penyelesaian rekomendasi yang diberikan oleh BPK.

Ia juga mengatakan, pada pelayanan KA kelas Ekonomi, KAI terus melakukan peningkatan pelayanan seperti, healthy kit bagi pelanggan KA Jarak sedang dan Jarak Jauh yang berisi tissue antiseptik dan masker KF95.

Sementara itu, untuk layanan KA Lokal, KAI juga sudah memberikan kemudahan di mana pelanggan dapat melakukan pemesanan tiket KA Lokal secara langsung dari aplikasi KAI Access serta pembayarannya melalui KAIPay.

"Adapun untuk layanan KRL, KAI terus menambah jumlah frekuensi perjalanan KRL Jabodetabek dari tahun ke tahun. Layanan KRL Yogyakarta-Solo yang mulai menjadi favorit masyarakat, akan diperpanjang operasionalnya hingga Stasiun Palur oleh pemerintah," tuturnya.

Didiek melanjutkan, kegiatan tersebut juga dilakukan Kick Off entry meeting Pemeriksaan Pendahuluan atas Kinerja Integrasi Antarmoda Tahun Buku 2022 sampai Semester I 2022.

"KAI dan BPK akan terus bersinergi agar dapat memberikan kontribusi terbaik guna mendukung visi KAI yaitu Menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia yang sejalan dengan kebijakan dan strategi pembangunan nasional," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2022/07/30/121400626/terima-hasil-pemeriksaan-bpk-ini-kata-bos-kai

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke