Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang Pengumuman Inflasi, Bagaimana Proyeksi IHSG Hari Ini?

Mengacu kepada hasil survei pemantauan harga Bank Indonesia (BI), inflasi Juli kemarin diperkirakan sebesar 0,5 persen secara bulanan (month on month/mom). Ini lebih rendah dari realisasi inflasi bulan sebelumnya, yakni sebesar 0,61 mom.

Dengan potensi inflasi yang terjaga, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksi pergerakan IHSG hari ini akan cenderung menguat. Data inflasi juga akan menjadi salah satu sentimen utama IHSG dalam beberapa waktu ke depan.

"Data inflasi yang disinyalir akan berada dalam angka stabil mengingat kondisi perekonomian yang kembali menggeliat serta sektor riil yang mulai bergerak, dapat memberikan angin segar terhadap pola gerak IHSG hingga beberapa waktu mendatang," tutur dia, dalam risetnya, Minggu (31/7/2022).

Adapun pada sesi perdagangan hari ini, William memproyeksi, IHSG akan bergerak menguat pada rentang 6.789-7.074.

Senada dengan William, Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper, memproyeksi, IHSG pada hari ini akan bergerak cenderung menguat, setelah pada penutupan akhir pekan kemarin indeks saham ditutup di zona merah.

Secara teknikal, Dennies menyebutkan, candlestick membentuk higher high dan higher low mengindikasikan trend penguatan. Namun demikian, rentang penguatan diproyeksi terbatas, terlihat dari stochastic yang berada di area overbought sehingga perlu diwaspadai potensi koreksi akibat profit taking dalam jangka pendek.

"Di awal pekan investor akan mencermati beberapa data ekonomi seperti data inflasi dan manufaktur," ucap dia.

Adapun untuk pergerakan hari ini, level support IHSG diproyeksi bergerak di rentang 6.924-6.897. Sementara itu, level resistance IHSG berada pada rentang 7.005-7.059.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

https://money.kompas.com/read/2022/08/01/063900126/jelang-pengumuman-inflasi-bagaimana-proyeksi-ihsg-hari-ini-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke