Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ulang Tahun Ke-51, Asabri Bangun Aplikasi Autentikasi Digital

Sekretaris Perusahaan PT ASABRI (Persero) Edison Sianipar mengatakan, perusahaannya sedang membangun aplikasi Autentikasi Digital. Autentikasi adalah sistem yang dilakukan oleh ASABRI untuk mendata penerima pensiun yang masih berhak mendapatkan jaminan pensiun.

Untuk proses autentikasi, Edinson bilang, saat ini masih dilakukan secara manual melalui mitra bayar. Ke depan autentikasi akan dilakukan oleh penerima pensiun secara digital melalui smartphone masing-masing.

"Sehingga penerima pensiun ASABRI tidak perlu lagi hadir secara fisik untuk melakukan autentikasi di Mitra Bayar," kata dia dalam siaran pers, Senin (1/8/2022).

Ia menambahkan, untuk melayani pesertanya saat ini, ASABRI juga telah melakukan berbagai inovasi antara lain Aplikasi ASABRI Mobile dan ASABRI Link yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, ASABRI juga melakukan kerja sama dengan 13 Mitra Bayar yakni PT POS Indonesia, Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, Bank BSI, Bank Mandiri Taspen, Bank Woori Saudara, Bank Jabar, Bank Jateng, Bank Jatim, Bank BTPN, Bank Bumi Artha, dan Bank Bukopin.

"Saat ini ASABRI melayani peserta sebanyak 1.390.450 dengan rincian peserta aktif sebanyak 934.123 orang dan peserta pensiun sebanyak 456.327 orang," tutur dia.

Ia menambahkan, dalam usianya yang ke-51, ASABRI telah menyelesaikan empat dari enam inisiatif strategis penyehatan perusahaan.

Inisiatif tersebut, di antaranya perbaikan tata kelola, optimalisasi klaster, penyesuaian bunga aktuaria, dan pengajuan unfunded past service liabilities (UPSL).

Edinson menjabarkan, pada tahun 2021 dan tahun 2020, laporan keuangan perusahaan disajikan tepat waktu dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)/Wajar Tanpa Modifikasian.

Peringatan HUT kali ini turut dihadiri oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Menteri BUMN RI Erick Thohir.

"51 tahun ASABRI diharapkan dapat memberikan pelayanan prima yang terbaik dan memberikan kesejahteraan bagi pesertanya," tutup dia.

https://money.kompas.com/read/2022/08/01/160000626/ulang-tahun-ke-51-asabri-bangun-aplikasi-autentikasi-digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke