Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pelaku Pariwisata Labuan Bajo Mogok Beroperasi, Sandiaga: Kita Duduk Bersama Cari Solusi

Hal ini terkait rencana mogok yang akan dilakukan selama bulan Agustus terkait keputusan pemerintah menaikkan tarif masuk Taman Nasional Pulau Komodo.

"Mengutamakan dialog dengan hati yang sejuk pikiran yang tenang mari kita duduk bersama-sama cari solusi, kita membuka ruang itu," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (1/8/2022).

Sandiaga memastikan, tidak akan ada efek negatif terutama dari sisi pemberitaan.

"Beberapa rekan kami yang sedang ada di Labuan Bajo memberikan rekaman-rekaman video tentang rencana mogok maupun demo," cerita dia.

Sandiaga menyampaikan, kegiatan yang dilakukan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk melakukan aksi bersih-bersih sampah daripada melakukan demo merupakan pilihan yang baik.

"Juga mungkin bisa membuat kegiatan-kegiatan yang lebih positif," ujar dia.

Sebagai informasi, dikutip dari Kompas.tv, Asosiasi Pelaku Pariwisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), bersepakat melakukan aksi mogok selama bulan Agustus. Aksi ini menjadi respons atas keputusan pemerintah menaikkan tarif masuk Taman Nasional Pulau Komodo.

Usai berdemonstrasi menolak kenaikan tarif masuk Pulau Komodo, hari Jumat lalu, para pelaku pariwisata yang beroperasi di Pulau Komodo, hari Minggu (31/07) kemarin menyatakan akan melanjutkan dengan aksi mogok.

Para pelaku pariwisata menyatakan aksi ini terpaksa dilakukan, sebagai bentuk protes atas kebijakan pemerintah menaikan tarif masuk Pulau Komodo, yang dirasa terlalu cepat, dan terlalu tinggi.

Para pelaku pariwisata melakukan aksi pungut sampah, di sekitar tempat wisata di Kota Labuan Bajo, mulai hari ini hingga 5 hari ke depan.

Aksi ini menjadi awal dari rencana aksi mogok yang diserukan sebelumnya oleh pelaku pariwisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, dan akan berlangsung hingga 31 Agustus mendatang.

https://money.kompas.com/read/2022/08/01/191000926/pelaku-pariwisata-labuan-bajo-mogok-beroperasi-sandiaga--kita-duduk-bersama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke