Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Sandiaga Yakin RI Bisa Jadi "The Next Korea Selatan" | Kuota BBM Subsidi Menipis

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan kebanggaannya karena ajang Citayam Fashion Week “menular” hingga ke Thailand.

Dikutip dari akun Instagram @Sandiuno, Senin (1/8/2022), disebutkan aksi anak-anak SCBD (Sudirman, Citayam, Bojong Gede, Depok) bisa menginspirasi tren, dan ia berharap hal ini bisa menjadi “The Next Korea Selatan”.

“Demam peragaan busana ala Citayam Fashion Week sampai ke Thailand! Bukan hanya merambah ke berbagai kota dan daerah di Indonesia. Semangat dan kreativitas 'Harudukuh Fashion Week' juga sampai ke Negeri Gajah Putih. Semakin yakin bahwa kita bisa jadi The Next Korea Selatan, dengan menciptakan trend yang menginspirasi,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengungkapkan, untuk mendorong aksi anak bangsa ini, pihaknya melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif turut mendukung dan memfasilitasi. Hal ini mengingat event yang digagas oleh ikon SCBD, Bonge dkk, memiliki dampak yang positif karena dapat membangkitkan UMKM dan ekonomi kreatif sekitarnya.

Baca selengkapnya di sini

2. Pembelian Pertalite dan Solar dengan QR Code MyPertamina Berlaku Hari Ini? Ini Kata Pertamina

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, implementasi QR Code untuk pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi, termasuk solar dan pertalite belum dilakukan pada 1 Agustus 2022.

“Belum (implementasi QR Code), kita tunggu revisi perpresnya,” ujar Irto kepada Kompas.com, Minggu (31/7/2022).

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif mengatakan, revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM) diharapkan dapat diselesaikan pada Agustus tahun ini.

Arifin mengatakan, dengan berlakunya Perpres tersebut, nantinya penerima BBM bersubsidi atau BBM penugasan jenis Solar dan Pertalite akan lebih tepat sasaran kepada masyarakat.

Simak selengkapnya di sini

3. Shell Turunkan Harga BBM, Cek Daftar Harga Shell Super Hari Ini

Harga bahan bakar Shell Agustus 2022 mengalami penurunan dibandingkan bulan Juli 2022. Penurunan harga tersebut terjadi di semua jenis bahan bakar Shell, berlaku mulai 1 Agustus 2022.

 Harga Shell Super hari ini turun menjadi Rp 17.300 per liter dari yang sebelumnya dijual Rp 18.990 per liter untuk wilayah Jakarta.

Sementara itu, di wilayah yang sama, harga Shell V-Power 2022 yang sebelumnya dipatok Rp 20.500 per liter, kini turun menjadi Rp 18.300 per liter.

Harga Shell V-Power Nitro + dan Shell V-Power Diesel juga kompak mengalami penurunan dari harga sebelumnya untuk wilayah Jakarta. Penurunan harga juga terjadi pada wilayah lain.

Cek rinciaan Harga Shell di sini

4. Konsumsi Pertalite dan Solar Meningkat, Kuota BBM Subsidi Menipis

PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) mencatatkan kenaikan konsumsi BBM Subsidi yakni Solar dan Pertalite pada semester pertama 2022.

Dengan adanya kenaikan ini, kuota BBM Subsidi semakin menipis.

“Hingga Juni 2022, BBM Solar subsidi sudah tersalurkan 8,3 juta kilo liter (KL) sementara kuotanya sebanyak 14,9 juta KL,” kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting seperti dilansir Kontan.co.id, Minggu (31/7/2022).

Sementara untuk realisasi konsumsi Pertalite hingga Juni 2022 mencapai 14,2 juta KL. Adapun kuota BBM dengan nilai oktan 90 ini sebanyak 23 juta KL.

Selengkapnya baca di sini

5.  Pertamina: Sudah 400.000 Kendaraan Roda Empat Terdaftar di MyPertamina

PT Pertamina Patra Niaga mencatat, hingga akhir pekan lalu sudah 400.000 kendaraan yang terdaftar di MyPertamina.

Pertamina telah melakukan uji coba pendaftaran kendaraan roda empat yang berhak membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) Subsidi termasuk Pertalite dan Solar sejak 1 Juli 2022.

“Update per hari Minggu ini, kendaraan yang sudah mendaftar melalui booth di SPBU, di web subsiditepat.mypertamina.id dan aplikasi MyPertamina di atas 400.000,” kata Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Gintingsaat dihubungi Kompas.com, Minggu (31/7/2022).

Adapun cakupan wilayah uji coba untuk pendaftaran kendaraan roda empat yang berhak membeli BBM subsidi termasuk Pertalite dan Solar saat ini di 50 kota/kabupaten di 27 provinsi.

Simak selengkapnya di sini

https://money.kompas.com/read/2022/08/02/054000326/-populer-money-sandiaga-yakin-ri-bisa-jadi-the-next-korea-selatan-kuota-bbm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke