Salin Artikel

Lagu dan Produk Ekraf Bisa Jadi Jaminan Kredit Bank, Ini Syaratnya!

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini, para pelaku usaha sektor ekonomi kreatif bisa menjadikan produknya sebagai jaminan untuk mengajukan pembiayaan berbasis kekayaan intelektual melalui lembaga keuangan bank maupun non-bank.

Hal tersebut sebagaimana dimuat dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 12 Juli 2022 lalu.

"Jadi kalau seseorang menciptakan lagu dan punya produk ekonomi kreatif bisa dijadikan jaminan bank," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing secara daring, Senin (1/8/2022).

Maka, guna mendukung realisasi program tersebut, Sandiaga Uno mengatakan, saat ini pihaknya tengah fokus mempersiapkan perangkat-perangkat pendukung yang akan melengkapi pemberlakuan PP ini.

  • OJK Masih Kaji Kelayakan Konten YouTube Jadi Jaminan Utang ke Bank
  • Ini Kekayaan Intelektual yang Dapat Dijadikan Jaminan Utang ke Bank dan Non-bank 

Adapun sejumlah syarat yang harus dipenuhi dalam pengajuan pembiayaan berbasis HAKI (Hak Kekayaan Intelektual), yaitu karya harus tercatat dan terdaftar di kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum.

Selanjutnya, karya yang sudah dikelola, baik secara mandiri atau dialihkan hak nya kepada orang lain, harus mengisi proposal pembiayaan usaha ekonomi kreatif, memiliki perikatan terkait Kekayaan Intelektual, dan karya dapat dibuktikan melalui surat pencatatan atau sertifikat kekayaan intelektual.

"Kami akan terus mensosialisasikan PP Nomor 24 Tahun 2022 ini dan kami akan lakukan edukasi di kalangan keuangan baik perbankan maupun non perbankan," pungkas Sandiaga.

https://money.kompas.com/read/2022/08/02/120900226/lagu-dan-produk-ekraf-bisa-jadi-jaminan-kredit-bank-ini-syaratnya-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.