Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 39 Sudah Ditutup, Kapan Pengumumannya?

Berdasarkan penyelenggaraan Kartu Prakerja gelombang sebelumnya, hasil seleksi akan diumumkan 3 hari setelah hari penutupan.

Misalnya pada Kartu Prakerja Gelombang 38 ditutup pada 26 Juli pukul 23.59 WIB dan pengumuman hasilnya pada 29 Juli pukul 13.00 WIB. Lalu Prakerja Gelombang 37 ditutup pada 19 Juli dan diumumkan 22 Juli sedangkan gelombang 36 ditutup 12 Juli dan diumumkan 15 Juli.

Jadi dapat diperkirakan pengumuman hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 39 kemungkinan dilakukan pada Jumat (5/8/2022).

Nah untuk memastikannya, peserta dapat mengecek dashboard masing-masing di laman pekerja.go.id. Apabila pengumuman belum dibuka, maka keterangannya "Pendaftaran sedang dalam evaluasi".

Peserta juga bisa mengetahui hasil seleksi Prakerja Gelombang 29 melalui SMS yang akan diterima di nomor yang sudah didaftarkan.

1. Cara cek hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 39 melalui prakerja.go.id

Agar lebih memahami cara mengecek pengumuman seleksi Kartu Prakerja Gelombang 39, simak langkah-langkah berikut:

  • Buka laman dashboard Prakerja di laman https://dashboard.prakerja.go.id/
  • Kemudian, cek nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun.
  • Jika lolos, akan muncul keterangan "Dana insentif kamu diberikan setelah penyelesaian pelatihan, bila belum ada dana yang ditransfer 7x24 jam Hubungi CS.
  •  Jika tidak lolos, akan ada notifikasi “Kamu Belum Berhasil” pada dashboard akun Anda.

2. Cara cek hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 39 melalui SMS

Selain cek manual melalui website prakerja.go.id, peserta yang dinyatakan lolos seleksi akan mendapatkan notifikasi melalui SMS.

Adapun SMS akan dikirimkan ke nomor telepon yang sebelumnya sudah terdaftar saat pembuatan akun Kartu Prakerja.

Setelah dinyatakan lulus, peserta akan diberikan saldo pelatihan untuk membeli pelatihan di platform yang tersedia seperti Kemnaker, Bukalapak, Tokopedia, Pijar Mahir, Pintaria, dan Karier Mu.

Manfaatkan saldo pelatihan ini semaksimal mungkin untuk mendapatkan pelatihan-pelatihan di bidang yang memang ingin dikuasai.

Sebab setelah mengikuti pelatihan, peserta akan diberikan sertifikat virtual yang dapat digunakan peserta untuk melamar kerja dan meningkatkan nilai jualnya.

Setelah sertifikat pelatihan didapatkan, maka peserta akan mendapatkan insentif biaya mencari kerja sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan dan insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei di mana survei ini akan dilakukan sebanyak 3 kali.

Demikian cara cek pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 39. Semoga bermanfaat.

https://money.kompas.com/read/2022/08/03/100323526/pendaftaran-kartu-prakerja-gelombang-39-sudah-ditutup-kapan-pengumumannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke