Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Arti CEO, Tugas, dan Bedanya dengan Direktur Lainnya

KOMPAS.com - CEO adalah istilah yang mungkin sudah tidak terdengar asing lagi di telinga. Arti CEO kerapkali disamakan dengan pemimpin tertinggi dalam sebuah perusahaan. CEO artinya juga bisa disamakan dengan direktur utama.

Dikutip dari Investopedia, CEO artinya seseorang yang dipilih pemegang saham atau pemilik perusahaan untuk memimpin dan mengelola perusahaan.

Di mana tugas-tugas CEO seperti membuat keputusan penting, serta bertindak sebagai titik komunikasi utama dengan dewan direksi dan pemegang saham. Sehingga, CEO lebih banyak terlibat dalam hal-hal yang bersifat strategis.

Arti CEO

Arti CEO yakni bos tertinggi perisahaan. Penggunaan istilah CEO di Indonesia sendiri sebenarnya lebih sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan rintisan atau start up maupun perusahaan-perusahaan skala besar.

Perusahaan-perusahaan asing yang berinvestasi di Indonesia, juga banyak yang menggunakan istilah CEO.

Sementara, perusahaan-perusahaan lainnya lebih memilih menggunakan istilah lain yakni direktur utama maupun presiden direktur.

Direktur utama ini merupakan istilah yang dikenal dalam undang-undang yang mengatur mengenai perusahaan, yakni UU Nomor 40 tahun 2007, istilah yang dikenal yakni direksi atau dewan direksi.

Undang-undang di Indonesia tidak menggunakan istilah CEO untuk menyebut orang dengan posisi tertinggi di perusahaan, meski arti CEO sama dengan direktur utama.

Sementara jika merujuk pada Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kepmenakertrans) Nomor 40 Tahun 2012 tentang Jabatan-jabatan Tertentu yang Dilarang Diduduki Tenaga Kerja Asing, aturan jabatan CEO juga disebutkan secara tertulis.

Di dalam aturan tersebut, arti CEO di Indonesia sebagai Kepala Eksekutif Kantor.

Orang yang menduduki CEO artinya dipilih oleh pemegang saham dari perusahaan yang bersangkutan. Peran CEO bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lain tergantung pada ukuran perusahaan, budaya, dan struktur perusahaan.

Di perusahaan besar, CEO biasanya hanya berurusan dengan keputusan strategis tingkat tinggi dan keputusan yang mengarahkan pada pertumbuhan perusahaan dalam skala besar.

Sementara pada perusahaan dengan skala kecil, tugas CEO juga kerap bersentuhan langsung dengan operasional, ikut dalam proses merekrut karyawan, negosiasi dengan mitra, dan sebagainya.

CEO artinya bisa berbeda dengan dirut

Dalam kasus lainnya, arti CEO juga bisa berbeda antar-perusahaan. Misalnya, perusahaan memiliki CEO, namun juga memiliki presiden direktur atau direktur utama.

Dalam kasus tersebut, presiden direktur dan CEO artinya memiliki peran yang berbeda. CEO adalah posisi tertinggi, sementara presiden merupakan posisi kedua tertinggi.

Namun kerap kali, kedua posisi tersebut diemban oleh satu orang. Sehingga bisa dikatakan, sebenarnya arti CEO adalah istilah lain dari direktur utama dan presiden direktur.

CEO hanya bisa dijabat satu orang. Ini berbeda dengan direktur, yang mana dalam sebuah perusahaan bisa terdapat beberapa direktur yang memiliki fungsi lebih spesifik.

Beberapa contoh direktur antara lain direktur pemasaran, direktur operasi, direktur keuangan, direktur SDM, dan sebagainya.

Kesimpulannya, CEO artinya adalah pemimpin tertinggi perusahaan yang tugasnya fokus pada pengambilan keputusan penting jalannya perusahaan. Jadi sudah tahu belum arti CEO dan bedanya dengan direktur lainnya?

https://money.kompas.com/read/2022/08/03/115528926/arti-ceo-tugas-dan-bedanya-dengan-direktur-lainnya

Rekomendasi untuk anda
WORK SMART
Mencetak Pemimpin
Mencetak Pemimpin
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+