Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akuisisi 6.000 Tower Telkomsel, Kini Mitratel Miliki 34.800 Menara Telekomunikasi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk atau Mitratel kembali menambah jumlah kepemilikan menara telekomunikasi, dengan mengakuisisi 6.000 menara telekomunikasi milik PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel.

Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko mengatakan, dengan adanya penambahan tersebut, maka sampai dengan awal Agustus ini perseroan memiliki 34.800 menara telekomunikasi.

"Mitratel sekarang ini menjadi tower company terbesar secara kepemilikan jumlah tower di kawasan Asia Tenggara, kepemilikan kami menjadi 34.800," ujar dia, di Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Teddy itu menyebutkan, penambahan jumlah tower menjadi modal kuat perusahaan untuk melakukan ekspansi dan mendukung akselerasi implementasi jaringan 5G di Indonesia. Serta, menambah alat produksi anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk itu.

"Ini diharapkan memperkuat momentum kedua perusahaan dalam memastikan terciptanya pengelolaan aset dan perluasan lini bisnis yang dapat mendorong pertumbuhan kinerja perusahaan yang semakin ideal, produktif, efektif, efisien, dan relevan dengan setiap perkembangan teknologi," tuturnya.

Direktur Investasi Mitratel Hendra Purnama menyebutkan, penambahan jumlah towe akan menambah pendapatan perusahaan ke depan. Lewat akuisisi 6.000 tower Telkomsel, Mitratel mendapatkan kontrak baru senilai Rp 9,6 triliun dalam kurun waktu 10 tahun ke depan.

Dengan adanya kontrak baru tersebut, maka secara akumulasi nilai kontrak dari penyewaan tower mencapai Rp 42 triliun. Nilai ini terus tumbuh setiap tahunnya.

"Kalau kita lihat dari tahun 2018 sampai saat ini pertumbuhan dari kontraknya Mitratel itu ada di 26 persen," ucap Hendra.

Sebagai informasi, dengan telah diselesaikannya proses akuisisi 6.000 tower Telkomsel, Mitratel melakukan penyesuaian terhadap sejumlah target 2022, yakni pendapatan ditargetkan tumbuh 12 persen dari semula 10 hingga 11 persen. Di sisi lain, belanja modal juga meningkat menjadi Rp 14 triliun.

https://money.kompas.com/read/2022/08/03/134500726/akuisisi-6.000-tower-telkomsel-kini-mitratel-miliki-34.800-menara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke