Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Daftar MyPertamina untuk Beli Pertalite dan Solar

Pendaftaran kendaraan roda empat di MyPertamina juga dilakukan untuk mendorong penyaluran Solar dan Pertalite tepat sasaran.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, pihaknya mencatat hingga akhir pekan lalu sudah 400.000 kendaraan yang terdaftar di MyPertamina. Pertamina telah melakukan uji coba pendaftaran kendaraan roda empat yang berhak membeli BBM subsidi termasuk Pertalite dan Solar sejak 1 Juli 2022.

“Update per hari Minggu ini, kendaraan yang sudah mendaftar melalui booth di SPBU, di web subsiditepat.mypertamina.id dan aplikasi MyPertamina di atas 400.000,” kata Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Gintingsaat dihubungi Kompas.com, Minggu (31/7/2022).

Adapun cara daftar MyPertamina untuk memudahkan pembelian BBM bersubsidi seperti Pertalite dan Solar, yakni sebagai berikut:

Cara Daftar MyPertamina untuk Beli Pertalite dan Solar

  1. Buka laman https://subsiditepat.mypertamina.id/
  2. Siapkan dokumen yang meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), foto kendaraan, dan dokumen pendukung lain.
  3. Centang informasi yang menerangkan bahwa Anda memahami persyaratan.
  4. Klik daftar sekarang dan ikuti instruksi.

Selanjutnya, Anda tinggal menunggu pencocokan data dengan maksimal 7 hari kerja. Nantinya status pendaftaran bisa dicek melalui website secara berkala. Apabila telah terkonfirmasi selanjutnya unduh kode QR dan simpan untuk melakukan transaksi di SPBU Pertamina.

Sementara itu, bagi masyarakat yang tidak memiliki Aplikasi MyPertamina atau kesulitan mengakses website MyPertamina, maka Anda bisa melakukan pendaftaran kendaraan di gerai SPBU terdekat.

"Nanti akan ada klinik (gerai) di SPBU-SPBU tertentu untuk mendaftar. Iya (nanti masyarakat yang enggak punya aplikasi) bisa dibantu di klinik SPBU yang ditetapkan," ujar Irto.

Setelah mengetahui cara daftar MyPertamina melalui SPBU terdekat, Anda akan mendapatkan QR Code untuk digunakan dalam pembelian BBM bersubsidi termasuk Pertalite dan Solar. Setelah mendapatkan QR Code, Anda bisa melaminating QR Code tersebut dan menempelkannya pada kendaraan Anda.

Dengan menunjukkan QR Code tersebut, maka Anda bisa membeli BBM Bersubsidi seperti Pertalite dan Solar.

https://money.kompas.com/read/2022/08/04/093500026/cara-daftar-mypertamina-untuk-beli-pertalite-dan-solar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke