Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketika Erick Thohir Bandingkan "Bengkak" Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Vs MRT Jakarta...

“Kereta cepat sama (dengan Mass Rapid Transit/ MRT Jakarta), kalau kereta cepat ini terus ditunda, harga pembangunannya tahun depan akan lebih mahal lagi. Artinya, harus segera diselesaikan,” kata Erick di Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Pembangunan proyek KCJB ini menjadi sorotan, karena biaya proyek tersebut diperkirakan bengkak sebesar 1,176 miliar dollar AS atau sekitar Rp 16,8 triliun. Apalagi, dalam pengembangannya, biaya bengkak atau cost overrun dibiayai dari sumber lain yakni pinjaman ke China.

“Jika dilihat dari strukturnya, 75 persen dari kereta cepat itu pinjaman Bank China, 25 persen equity, dimana Indonesia 55 persen, dan China 45 persen. Artinya Penyertaan Modal Negara/PMN yang mau diberikan itu bagian dari equity, karena kan pinjamannya ditambah. Jadi kalau ditanya apakah kereta cepat ada investor, ya belum, Garuda saja belum,” tambah Erick.

Ongkos bangun MRT Jakarta yang terlambat 20 tahun

Erick mengatakan, permasalah pembangunan kereta cepat sama halnya dengan membangun MRT Jakarta yang terlambat hingga 20 tahun. Dia bilang, jika MRT Jakarta dibangun 20 tahun yang lalu, tentunya cost yang dikeluarkan akan lebih murah.

“Kadang orang selalu membicarakan cost, cost, cost. Contoh pembangunan MRT Jakarta, itu kan telat 20 tahun, ongkosnya berapa waktu itu? Tapi kalau 20 tahun lalu kita bangun MRT Jakarta, harganya lebih murah,” ujar Erick.

Mantan Presiden Inter Milan ini mengungkapkan, saat perjalanan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin ke Jepang, berbicara terkait dengan komitmen keberlanjutan proyek MRT. Erick yakin, pembiayaan MRT saat ini lebih mahal, dibandingkan pembiayaan sebelumnya.

“Kemarin perjalanan Pak Presiden ke Jepang bicara soal MRT yang mana MRT Jakarta ini dibangun oleh Jepang di masa kepemimpinan Pak Jokowi sebagai Gubernur. Jepang kemarin berkomitmen kepada Pak Jokowi untuk keberlanjutan pembangunan MRT, saya yakin MRT yang dibangun saat itu sama kondisi saat ini, lebih mahal,” tegas dia.

https://money.kompas.com/read/2022/08/04/133352026/ketika-erick-thohir-bandingkan-bengkak-proyek-kereta-cepat-jakarta-bandung-vs

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke