Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ekonomi Indonesia Capai 5,44 Persen, Rupiah Perkasa terhadap Dollar AS

Mengacu kepada data Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dibuka pada level Rp 14.897 per dollar AS, menguat dibanding level penutupan sebelumnya sebesar Rp 14.933 per dollar AS.

Terpantau nilai tukar rupiah bergerak di zona positif, di mana sampai dengan pukul 09.50 nilai tukar rupiah terhadap dollar AS berada pada posisi Rp 14.897 dollar AS, menguat 0,24 persen.

Realisasi pertumbuhan ekonomi Tanah Air yang sedikit lebih tinggi dari proyeksi pasar menjadi sentimen positif bagi pergerakan nilai tukar rupiah hari ini.

"Ekspektasi PDB yang di atas 5 persen ini tentu membantu penguatan rupiah di tengah isu resesi global. Artinya ekonomi Indonesia masih cukup kuat menahan goncangan inflasi," ujar Analis pasar uang, Ariston Tjendra, kepada Kompas.com, Jumat.

Namun demikian, Ariston menilai, pergerakan nilai tukar rupiah masih rawan terhadap pelemahan, seiring dengan masih kuatnya tekanan dari eksternal.

Isu kenaikkan suku bunga acuan bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed), guna merespons inflasi di Negeri Paman Sam masih menjadi perhatian utama pelaku pasar.

"Dibantu dengan beberapa data ekonomi AS yang terlihat masih positif bisa mendukung penguatan dollar AS lagi," kata Ariston.

Selain itu, kondisi perekonomian global juga masih tidak menentu, seiring dengan meningkatnya ketegangan antara AS-China, pasca kedatangan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

"Bila berlanjut ke persoalan ekonomi bisa mendorong pelaku pasar mencari aman di aset dollar AS," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2022/08/05/103900426/ekonomi-indonesia-capai-5-44-persen-rupiah-perkasa-terhadap-dollar-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke