Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sandiaga Uno Dorong Pelaku UMKM Aceh Berinovasi untuk Nilai Tambah Produk

Pasalnya, pelaku ekonomi kreatif di tanah air saat ini dihadapkan pada beragam tantangan di antaranya pandemi Covid-19, kesulitan ekonomi, kenaikan harga-harga bahan pokok, hingga menyempitnya kesempatan kerja.

Hal tersebut disampaikan dalam acara Pelatihan UMKM Kreatif: Pengolahan Tiram Menjadi Kerupuk Tiram di Kuliner River Walk, Banda Aceh.

"Hari ini kita langsung gerak cepat dengan menghadirkan pelatihan, kita langsung melihat permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat, pelaku ekonomi kreatif. Diantaranya harga-harga kebutuhan yang meningkat dan juga penciptaan lapangan kerja," kata dia dalam siaran pers, dikutip Jumat (5/8/2022).

Ia menambahkan, pelatihan UMKM penting untuk memberikan solusi yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

Melalui pelatihan ini, para pelaku ekonomi kreatif diajak untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas dengan menghadirkan nilai tambah suatu produk sehingga menjadi produk yang lebih berkualitas dan berdaya saing.

"Saya yakin upaya kita di sini akan memperkuat ekonomi kita, dengan target tahun ini 1,1 juta lapangan kerja baru dan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024," kata Sandiaga.

Sandiaga berharap, dengan pelatihan ini para pelaku ekonomi kreatif dapat mendukung program One Village One Product di desa wisata.

Menanggapi hal tersebut, Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq, mengapresiasi ragam dukungan program yang dihadirkan Kemenparekraf dalam mendorong pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Banda Aceh.

"Mudah-mudahan ke depan Banda Aceh semakin berkembang, terutama untuk produk-produk ekonomi kreatif. Saya harapkan produk-produk dari UMKM ini dapat terus kita kembangkan," tutup Bakri.

https://money.kompas.com/read/2022/08/05/120000126/sandiaga-uno-dorong-pelaku-umkm-aceh-berinovasi-untuk-nilai-tambah-produk

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke