Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tingkat Okupansi Mulai Pulih, Pendapatan Hotel Sahid Tumbuh 24,8 Persen

Direktur Utama Hotel Sahid Jaya Hariyadi Sukamdani mengatakan sepanjang tahun lalu tingkat hunian Hotel Sahid meningkat menjadi 34 persen, dari periode awal pandemi di kisaran 30 persen.

Peningkatan okupansi kamar tersebut turut mendongkrak pendapatan perusahaan dengan kode emiten SHID itu sebesar 24,8 persen, dari Rp 58,5 miliar pada 2020, menjadi Rp 69,42 miliar pada penghujung 2021.

Kenaikkan pendapatan turut mendongkrak laba kotor Hotel Sahid sebesar 0,08 persen dari Rp 46,48 miliar, menjadi Rp 46,51 miliar pada 2021.

"Kinerja industri perhotelan (tahun 2021) menunjukkan tren positif, yang terlihat tingkat hunian lebih baik dari tahun sebelumnya," ujar Hariyadi dalam konferensi pers Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan 2021, Jumat (5/8/2022).

Adapun tingkat hunian hotel terus mengalami pertumbuhan, di mana saat ini telah mencapai kisaran 50 hingga 60 persen, dan diharapkan dapat bertahan hingga 60 persen pada akhir tahun ini.

Lebih lanjut Hariyadi mengungkapkan, untuk menjaga pertumbuhan kinerja keuangan perseroan di tengah tren pemulihan ekonomi, pihaknya telah mengusung sejumlah insiatif.

Inisiatif tersebut meliputi eksplorasi penawaran produk dan jasa yang inovatif, diluar produk kamar hotel, makanan dan minuman melalui pengoptimalan lahan dan ruang yang dimiliki di seluruh properti perusahaan.

"Juga memperluas kegiatan dan acara di ruang terbuka dan berkolaborasi dengan pihak ketiga untuk formulasi produk dan jasa baru," tutur Hariyadi.

Kemudian, Hotel Sahid juga melakukan program peningkatan dan renovasi aset untuk meningkatkan kualitas aset properti guna memperpanjang masa penggunaannya.

Inisiatif yang ketiga, perusahaan berkomitmen meningkatkan layanan perhotelan low contact yang memberikan kenyamanan dan kebersihan para tamu, serta melakukan pengenalan aplikasi e-Concierge untuk meningkatkan customer experience selama masa penginapan.

Terakhir, Hotel Sahid terus melakukan peningkatan kontrol dan pemantauan konsumsi sumber daya, terus melakukan langkah aktif untuk mendorong operasi low carbon, serta melakukan transisi ke energi rendah emisi dan menjelajahi offset bersertifikat.

"Hal ini akan sangat penting dalam membangun kota yang berkelanjutan," ucap Hariyadi.

https://money.kompas.com/read/2022/08/05/180312126/tingkat-okupansi-mulai-pulih-pendapatan-hotel-sahid-tumbuh-248-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke