Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kode Bank Mandiri dan Bank BUMN Lain untuk Keperluan Transfer

JAKARTA, KOMPAS.com– Hal penting yang harus diketahui nasabah sebelum melakukan transaksi transfer antarbank di ATM adalah kode bank (kode transfer bank). Pasalnya, setiap bank memiliki kode bank masing-masing. Salah satu bank yang sering menjadi tujuan transfer adalah Bank Mandiri. Lalu, berapa kode Bank Mandiri (kode transfer Bank Mandiri)?

Kode bank Mandiri yang digunakan saat transfer antarbank adalah 008. Kode transfer Bank Mandiri ini dimasukan bersama nomor rekening Mandiri yang menjadi tujuan transfer.

Sebagai informasi, kode bank adalah 3 nomor unik yang menjadi identitas dari sebuah bank. Setiap bank memiliki kode bank masing-masing yang berbeda-beda.

Misalnya, kode Bank Mandiri atau kode transfer Bank Mandiri adalah 008. Sedangkan kode bank BRI yaitu 002, kode bank BNI yaitu 009, kode bank BTN yaitu 200, dan seterusnya.

Penggunaan kode bank Mandiri tidak hanya diperlukan saat transaksi transfer antarbank di ATM saja. Terkadang, kode bank Mandiri juga diperlukan ketika nasabah akan melakukan pembayaran atau transaksi jual beli online di e-commerce.

Beberapa transaksi biasanya mengharuskan untuk melakukan pembayaran lewat transfer ke rekening bank berbeda atau tidak sama dengan rekening bank milik pembeli.

Untuk transfer antarbank dengan tujuan nomor rekening Bank Mandiri, maka harus mengetahui berapa kode Bank Mandiri (kode transfer Bank Mandiri)

Kode Bank Mandiri dan Bank BUMN lainnya

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com sebelumnya, berikut daftar kode bank BNI (kode transfer bank BNI) dan bank lainnya untuk keperluan transfer antarbank:

Cara transfer antarbank pakai kode bank Mandiri

Berikut ini adalah cara transfer antarbank di ATM dengan menggunakan kode Bank Mandiri (kode transfer Bank Mandiri). Misalnya, Anda nasabah bank BRI yang ingin melakukan transfer ke rekening Bank Mandiri. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masukkan kartu ATM BRI
  • Pilih Bahasa Indonesia dan masukkan PIN
  • Pilih menu lain
  • Pilih dari rekening tabungan
  • Lalu, pilih ke rekening bank lain
  • Masukkan angka 008 sebagai Bank Mandiri (kode transfer Bank Mandiri) dan diikuti dengan nomor rekening tujuan transfer
  • Maskukkan nominal transfer yang akan dikirim
  • Cek kembali informasi transfer Anda, lalu klik “Ya” jika sudah benar
  • Jangan lupa ambil kartu ATM dari mesin

Nah, itulah informasi seputar kode Bank Mandiri (kode transfer Bank Mandiri) dan kode bank lainnya di Indonesia untuk keperluan transfer antarbank di ATM.

https://money.kompas.com/read/2022/08/06/235032826/kode-bank-mandiri-dan-bank-bumn-lain-untuk-keperluan-transfer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke