Salin Artikel

Nilai Tukar Rupiah Ditutup Menguat ke Level Rp 14.876 Per Dollar AS

Berdasarkan data Bloomberg, pada perdagangan hari ini, nilai tukar uang Garuda terhadap dollar AS ditutup menguat 18 poin atau 0,12 persen ke level Rp 14.876 per dollar AS. Padahal, sejak pembukaan perdagangan hingga siang hari ini nilai tukar rupiah terus diperdagangkan di atas Rp 14.900 per dollar AS.

Sementara itu, mengacu kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), nilai tukar rupiah berada pada level Rp 14.915 per dollar AS pada Senin hari ini, melemah dibanding posisi Jumat (5/8/2022) sebesar Rp 14.904 per dollar AS.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, sebenarnya indeks dollar AS naik terhadap berbagai mata uang lainnya, di tengah ekspektasi pengetatan kebijakan moneter yang agresif.

"Pasar saat ini melihat probabilitas 73,5 persen The Fed melanjutkan suku bunga 75 basis poin untuk keputusan kebijakan berikutnya pada 21 September," ujar dia dalam risetnya, Senin.

Namun demikian, kondisi fundamental perekonomian RI yang masih tangguh dinilai dapat meredam tekanan dari bank sentral AS. Realisasi pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2022 yang mencapai 5,44 persen secara tahunan (year on year/yoy) masih menjadi anging segar bagi para investor.

Pada saat bersamaan, kondisi cadangan devisa (cadev) RI masih mumpuni, meskipun pada akhir Juli mengalami sedikit penurunan dibanding bulan sebelumnya. Kondisi ini juga menjadi sentimen positif tersendiri bagi pasar.

"Untuk perdagangan besk, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup menguat di rentang Rp 14.850 - Rp 14.900," ucap Ibrahim.

https://money.kompas.com/read/2022/08/08/173000326/nilai-tukar-rupiah-ditutup-menguat-ke-level-rp-14.876-per-dollar-as

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.