Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hubungan China-Taiwan "Memanas", Bahlil: Harus Kita Waspadai

"Yang kedua menyangkut dengan China dan Taiwan harus kita waspadai. Kenapa harus kita waspadai? salah satu negara yang investasinya besar di Indonesia itu China, dan Taiwan juga ikut," ujarnya dalam konferensi pers yang ditayangkan secara virtual, Senin (8/8/2022).

"Tapi seberapa besar kita mendalami, kita lagi pelajari. Mudah-mudahan mereka tidak terlalu dalam dampak dari persoalan politik luar negeri mereka terhadap investasi," sambungnya.

Meski ada konflik dari China dan Taiwan, namun tidak menutup kemungkinan Indonesia akan membuka peluang ekspor. Seperti yang terjadi perang antara Rusia dan Ukraina.

"Ukraina sama Rusia, ada beberapa negara yang memanfaatkan ekonomi dari kondisi perang. Mungkin kalau ini terjadi antara China dan Taiwan, kita masuk pada ruang-ruang itu karena komunikasi kita juga baik," ujarnya.

Namun begitu, Pemerintah RI lanjut Bahlil, tidak akan takut menghadapi gejolak situasi global. "Boleh kita khawatir, boleh kita antisipasi, tapi jangan kita takut dengan bayang-bayang luar," ucap dia.

Konflik China dan Taiwan kembali memanas usai China melangsungkan latihan militer di Selat Taiwan, pada Kamis (4/8/2022). Diberitakan Kompas.com, Jumat (5/8/2022), China menerbangkan beberapa pesawat dan menembakkan rudal langsung di dekat Taiwan.

Latihan militer ini digelar setelah kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan, dan berlangsung hingga tengah hari pada Minggu (7/8/2022). Dalam latihan militer itu, terdapat lebih dari 100 pesawat, termasuk jet tempur dan bomber.

"Kolusi dan provokasi AS-Taiwan hanya akan mendorong Taiwan ke jurang bencana, membawa malapetaka bagi rekan-rekan Taiwan," ujar juru bicara Kementerian Pertahanan China.

Jauh sebelum konflik ini, hubungan China dan Taiwan beberapa kali sempat memanas. Konflik keduanya tak lepas dari China yang menganggap Taiwan sebagai bagian dari kedaulatan negaranya. Di sisi lain, Taiwan tak mengakui klaim China tersebut.

https://money.kompas.com/read/2022/08/08/203000226/hubungan-china-taiwan-memanas-bahlil--harus-kita-waspadai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke