Salin Artikel

Hubungan China-Taiwan "Memanas", Bahlil: Harus Kita Waspadai

"Yang kedua menyangkut dengan China dan Taiwan harus kita waspadai. Kenapa harus kita waspadai? salah satu negara yang investasinya besar di Indonesia itu China, dan Taiwan juga ikut," ujarnya dalam konferensi pers yang ditayangkan secara virtual, Senin (8/8/2022).

"Tapi seberapa besar kita mendalami, kita lagi pelajari. Mudah-mudahan mereka tidak terlalu dalam dampak dari persoalan politik luar negeri mereka terhadap investasi," sambungnya.

Meski ada konflik dari China dan Taiwan, namun tidak menutup kemungkinan Indonesia akan membuka peluang ekspor. Seperti yang terjadi perang antara Rusia dan Ukraina.

"Ukraina sama Rusia, ada beberapa negara yang memanfaatkan ekonomi dari kondisi perang. Mungkin kalau ini terjadi antara China dan Taiwan, kita masuk pada ruang-ruang itu karena komunikasi kita juga baik," ujarnya.

Namun begitu, Pemerintah RI lanjut Bahlil, tidak akan takut menghadapi gejolak situasi global. "Boleh kita khawatir, boleh kita antisipasi, tapi jangan kita takut dengan bayang-bayang luar," ucap dia.

Konflik China dan Taiwan kembali memanas usai China melangsungkan latihan militer di Selat Taiwan, pada Kamis (4/8/2022). Diberitakan Kompas.com, Jumat (5/8/2022), China menerbangkan beberapa pesawat dan menembakkan rudal langsung di dekat Taiwan.

Latihan militer ini digelar setelah kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan, dan berlangsung hingga tengah hari pada Minggu (7/8/2022). Dalam latihan militer itu, terdapat lebih dari 100 pesawat, termasuk jet tempur dan bomber.

"Kolusi dan provokasi AS-Taiwan hanya akan mendorong Taiwan ke jurang bencana, membawa malapetaka bagi rekan-rekan Taiwan," ujar juru bicara Kementerian Pertahanan China.

Jauh sebelum konflik ini, hubungan China dan Taiwan beberapa kali sempat memanas. Konflik keduanya tak lepas dari China yang menganggap Taiwan sebagai bagian dari kedaulatan negaranya. Di sisi lain, Taiwan tak mengakui klaim China tersebut.

https://money.kompas.com/read/2022/08/08/203000226/hubungan-china-taiwan-memanas-bahlil--harus-kita-waspadai

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.