Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal Penting Perusahaan Startup Perlu Perhatikan

Oleh: Alifia Riski Monika dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - Jumlah startup di Indonesia menempati posisi keenam dalam startup ranking. Total startup di Indonesia terhitung jumlahnya sebesar 2.402 perusahaan. Posisi pertama sendiri ditempati oleh Amerika Serikat dengan jumlah 72.911.

Melihat perkembangan yang cukup tinggi, kejadian Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar-besaran oleh startup di masa pandemi ini menjadi kabar yang menggemparkan. Ini membuktikan bahwa strategi ‘bakar uang’ tak selalu menjadi jawaban bagi startup.

Tung Desem Waringin, seorang pakar pemasaran ternama, memberikan tanggapan atas fenomena ini melalui siniar Smart Inspiration episode “Hal Penting untuk Startup Lakukan”. Selain itu, ia juga membahas hal-hal yang harus diketahui oleh stakeholders.

Tung Desem mengatakan bahwa investor baru berani melakukan investasi apabila dapat melihat masa depan dari sebuah startup. Hal penting lainnya adalah masih cukup memiliki pemasukan.

Apabila kedua hal tersebut tidak dimiliki oleh startup, itulah yang menjadi penyebab startup mem-PHK karyawannya. Alasannya adalah untuk meningkatkan efisiensi perusahaan sehingga fokus untuk tindakan selanjutnya.

Lantas, hal apakah yang harus diperhatikan dan dilakukan untuk mencapai kesuksesannya? Lima cara berikut dapat dipertimbangkan apabila kamu ingin atau sudah memulai menjalankan sebuah startup.

1. Timing

Saat mulai membangun startup, kamu harus perhatikan kapan waktu rilisnya. Kita bisa menyesuaikan dengan fenomena atau topik yang sedang hangat dibicarakan di media sosial.

2. Sumber Daya Manusia

Bicara sumber daya manusia bukan hanya mengenai individunya saja, melainkan juga pembentukan timnya.

Mengutip entrepreneur, tim inti memegang kunci penting sebab merekalah yang akan menjalankan visi perusahaan. Komitmen sendiri diperlukan dalam tim agar terbentuk kesolidan.

3. Ide

Ide merupakan gagasan yang muncul dari pikiran seseorang untuk diimplementasikan. Startup yang baik bisa terus memunculkan ide-ide baru agar menarik banyak orang.

Ingat juga waktu untuk mengeksekusi ide ini juga penting.

4. Model Bisnis

Rencana bisnis berfungsi sebagai proyeksi startup yang ingin dijalankan. Berdasarkan investopedia, model bisnis mencakup proyeksi biaya awal dan sumbernya, target bisnis, strategi pemasaran, tinjauan persaingan, serta proyeksi pendapatan dan pengeluaran.

5. Modal

Modal merupakan langkah awal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis. Modal berguna sebagai dana untuk mengoperasikan perusahaan startup.

Membangun startup bukanlah hal mudah, maka dari itu jangan melewatkan faktor-faktor penting sebagai penentu kesuksesan startup kamu.

Obrolan bersama Tung Desem Waringin ini dapat kamu simak melalui siniar Smart Inspiration bertajuk “Hal Penting untuk Startup Lakukan” hanya di Spotify, atau klik tautan berikut https://dik.si/smart_startup.

https://money.kompas.com/read/2022/08/09/200000526/5-hal-penting-perusahaan-startup-perlu-perhatikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke