Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Diproduksi di RI, Mobil Listrik Wuling Air EV Bakal Jadi Kendaraan Resmi KTT G20 Bali

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meresmikan produksi perdana mobil Wuling Air EV buatan Indonesia. Nantinya, mobil Wuling Air EV tersebut bakal menjadi kendaraan resmi untuk KTT G20 di Bali.

Peresmian itu dilakukan di PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat pada Senin (8/8/2022) kemarin.

Airlangga mengatakan, produk Wuling Air EV yang diluncurkan perdana tersebut merupakan jenis kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) terbaru yang dikembangkan Wuling.

"Produk ini juga telah dikonfirmasi sebagai kendaraan resmi untuk KTT G20 di Bali mendatang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (9/8/2022).

Ia mengungkapkan, pemerintah mengapresiasi komitmen kerja sama dari PT SGMW yang terus mendukung penyelenggaraan KTT G20 dengan kualitas produk dan layanan yang terbaik.

Serta mendukung upaya Indonesia dalam penerapan penghematan energi, pengurangan emisi, perlindungan lingkungan hijau, serta pengembangan masa depan industri otomotif Indonesia.

Airlangga pun berharap PT SGMW yang baru sekitar 7 tahun berdiri di Indonesia, bisa menjadi produsen yang memimpin produksi kendaraan listrik di seluruh Indonesia.

"Dengan investasi sebesar 1 miliar dollar AS, 10.000 karyawan, dan luas area sebesar 60 hektar, ini juga menjadi salah satu basis ekspor otomotif Indonesia," katanya.

Dia menjelaskan, berdasarkan data Bloomberg, potensi permintaan kendaraan listrik di dunia diperkirakan akan terus meningkat dan mencapai sekitar 55 juta unit EV hingga tahun 2040.

Untuk menangkap peluang tersebut sekaligus mendukung agenda Conference of Parties tentang Perubahan Iklim (COP21), Indonesia telah menerbitkan Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB)/BEV untuk Transportasi Jalan.

Serta telah mempercepat pembangunan infrastruktur energi baru terbarukan dan pengembangan ekosistem industri KBLBB melalui Peta Jalan Industri Otomotif Nasional dan Peta Jalan Pengembangan Industri KBLBB.

Maka dengan adanya peluncuran produksi mobil Wuling Air EV tersebut, diharapkan masyarakat Indonesia bisa menggunakan kendaraan listrik yang harganya affordable.

"Dengan adanya mobil EV ini juga diharapkan dapat menciptakan net zero emission dan dengan semakin banyak kota-kota yang menggunakan EV, tingkat pencemaran lingkungannya semakin menurun,” tutup Airlangga.

https://money.kompas.com/read/2022/08/09/214500726/diproduksi-di-ri-mobil-listrik-wuling-air-ev-bakal-jadi-kendaraan-resmi-ktt

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke