Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menteri PUPR: Lelang Proyek Kawasan Inti IKN Rampung Agustus Tahun Ini

Menurut Basuki, saat ini proyek infrastruktur yang sedang dilelang adalah proyek jalan dan jembatan. Namun, untuk lelang proyek infrastruktur seperti gedung, pemukiman, dan air saat ini dalam tahap persiapan.

“Yang sudah (selesai lelang) adalah land development, akhir Agustus ini sudah (mulai) kontrak semua,” kata Basuki, di Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa (10/8/2022).

Sebagai informasi infrastruktur inti dari KIPP ini mencakup pembangunan istana presiden, kantor wakil presiden, gedung DPR, dan sistem drainase. Adapun sumber dana yang digunakan berasal dari APBN.

“Yang belum dilelang itu yang istana, air minum, sanitasi, baru persiapan, tapi kalau jalan-jalan sudah di lelang,” ujar dia.

Kebutuhan dana konstruksi KIPP IKN diperkirakan sebesar 43,73 triliun. Sementara untuk alokasi konstruksi KIPP IKN pada tahun 2022 sebesar Rp 5,07 triliun. Dia memperkirakan, serapan anggaran IKN pada tahun 2022 menvapai 86 persen atau sekitar 4,3 triliun.

Basuki mengatakan, data proyek lelang tersebut sudah ada di website kementerian PUPR. Dia mengatakan, semua proyek sudah dilelang, dan hanya tinggal menunggu kontrak. Untuk proyek jalan, saat ini masih evaluasi.

“Datanya di website PUPR kan sudah mulai ditender (akhir Juli sudah tender), ini sudah ada satu yang nunggu, Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), dan yang belum tanda tangan kontrak itu yang development land,” lanjut dia.

https://money.kompas.com/read/2022/08/10/110000526/menteri-pupr--lelang-proyek-kawasan-inti-ikn-rampung-agustus-tahun-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke