Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Prosedur Membersihkan Karang Gigi Gratis Pakai BPJS Kesehatan

KOMPAS.com - Pembersihan karang gigi atau juga biasa disebut scaling adalah layanan dokter gigi yang cukup umum dilakukan masyarakat. Bahkan, ada sebagian orang yang rutin melakukan scaling gigi.

Scaling gigi adalah prosedur non-operasi yang dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan plak dan karang (tartar) pada gigi.

Plak adalah lapisan tipis berwarna kekuningan yang menempel pada gigi. Plak terbentuk ketika bakteri bercampur dengan endapan sisa-sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut, terutama makanan yang mengandung gula dan tepung.

Jika plak semakin mengeras dan bercampur dengan air liur, maka akan memicu terbentuknya karang gigi atau tartar.

Plak dan karang gigi ini mengandung jutaan bakteri dan jika tidak dibersihkan secara rutin, dapat menyebabkan periodontitis, kerusakan gigi, atau bahkan hilangnya gigi.

Membersihkan karang gigi pakai BPJS Kesehatan

Meski banyak dianjurkan dokter gigi, membersihkan karang gigi relatif dianggap mahal bagi sebagian orang sehingga enggan melakukan prosedur ini.

Di Tanah Air, biasa scaling gigi berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 500.000, menyesuaikan dengan praktik dokter gigi maupun rumah sakit atau klinik.

Lalu bisakah membersihkan karang gigi ditanggung BPJS Kesehatan?

Dalam keterangan resminya, BPJS Kesehatan bisa menanggung biaya scaling gigi, namun hanya bisa sekali dalam setahun. Selama pasien mengikuti prosedur pelayanan BPJS Kesehatan, maka tidak ada biaya tambahan.

Dikutip dari Panduan Praktis Pelayanan Gigi dan Prothesa Gigi Bagi Peserta JKN, peserta bisa melakukan pembersihan plak pada gigi di fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama.

Faskes tingkat pertama ini meliputi puskesmas, klinik, atau praktik dokter gigi sesuai pilihan peserta di aplikasi JKN.

Peserta juga bisa melakukan pembersihan karang gigi di faskes tingkat lanjutan, namun harus sesuai dengan rujukan dokter yang menangani di faskes tingkat pertama, serta berdasarkan indikasi medis.

Berikut prosedur membersihkan karang gigi dengan BPJS Kesehatan:

https://money.kompas.com/read/2022/08/11/102014226/prosedur-membersihkan-karang-gigi-gratis-pakai-bpjs-kesehatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke