Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tingkatkan Riset di Perguruan Tinggi, Pemerintah Gelontorkan Rp 2,15 Triliun

Direktur Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Ditjen Diktiristek Faisal Fathani mengatakan, pendanaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan riset serta kemampuan sumber daya manusia (SDM) di perguruan tinggi.

"Istilahnya SDM bisa meningkat, riset bisa meningkat, dan membuat perguruan tinggi terkenal. Kemudian juga menarik kontrak dari beberapa industri karena produknya banyak bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari," katanya melalui keterangan tertulis, Kamis (11/8/2022).

Beberapa produk unggulan PUI-PT yang dihadirkan dalam pameran Hakteknas ke-27 antara lain Universitas Gadjah Mada dengan produk PUI-PT Institut Pewarna Alami Indonesia (IDN), PUI-PT Pusat Studi Sosial Asia Tenggara (PSSAT), PUI-PT Probiotik UGM dan GATe (Gadjah Mada Airport Transporter electric), Institut Teknologi Bandung (ITB) yang memamerkan produk sabun pembersih najis dari Pusat Penelitian Nanosains dan Nanoteknologi.

Kemudian, Universitas Airlangga berupa PUI-PT Pusat Riset Rekayasa Molekul Hayati (BIOME), produk PUI-PT Biofarmaka dari Institut Pertanian Bogor (IPB) berupa Glucodiab, Cajuput Candy, Prolisilim, Universitas Indonesia (UI) dengan produk transportasi bus listrik, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dengan produk Autonomous Vehicle ITS (Gesits) Generasi 2, kereta api cepat (prototipe), serta Telkom University yang membawa produk Base Transceiver Station (BTS) Universal Mobile Telecommunications System (UMTS).

Pameran yang digelar sebagai bentuk apresiasi Kemendikbudristek terhadap karya-karya perguruan tinggi di seluruh Indonesia ini diharapkan dapat menjadi produk yang bermanfaat sekaligus digemari masyarakat, sehingga mereka bangga terhadap hasil karya Indonesia.

"Semoga produk kita bisa menjadi raja di negara sendiri, diharapkan masyarakat terbiasa dengan menggunakan produk made in Indonesia," ujarnya.

https://money.kompas.com/read/2022/08/11/220000826/tingkatkan-riset-di-perguruan-tinggi-pemerintah-gelontorkan-rp-2-15-triliun

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke