Salin Artikel

Ini Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan Cicilan ke Perusahaan Pembiayaan

Dilansir dari laman sikapiuangmu.ojk.go.id, perusahaan pembiayaan merupakan lembaya keuangan nonbank yang melakukan pembiayaan barang dan jasa baik yang bersifat produktif misalnya investasi usaha atau modal kerja, maupun yang konsumtif.

Penggunaan produk dari perusahaan pembiayaan memiliki banyak manfaat.

Contoh manfaatnya, sebut saja angsuran yang lebih terjangkau, konsumen dapat memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkan dalam waktu yang relatif cepat dengan hanya membayar uang muka saja, serta persyaratannya relatif lebih mudah dibanding kredit perbankan.

Menurut POJK Nomor 35/POJK.05/2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan, pembiayaan dari Perusahaan Pembiayaan dapat dimanfaatkan oleh debitor perorangan atau badan usaha.

Khusus pembiayaan multiguna, hanya dapat dimanfaatkan oleh debitor perorangan.

Lalu, apa saja persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan pembiayaan multiguna atau cicilan multiguna?

1. siapkan dokumen

Pertama, syarat untuk menjadi debitor perorangan adalah memiliki dokumen kependudukan atau data pribadi lainnya.

Sedangkan, contoh barang yang dapat dibiayai antara lain kendaraan bermotor, tanah atau bangunan, peralatan atau perabot rumah tangga, barang elektronik, dan sebagainya.

Sementara itu, jasa yang dapat dibiayai adalah biaya pendidikan, biaya pernikahan, biaya umroh atau Haji, dan biaya wisata.

2. siapkan DP dan kondisi keuangan

Selanjutnya mengenai uang muka atau down payment (DP), ketentuan mengenai DP dapat berbeda pada setiap perusahaan pembiayaan. Umumnya cicilan berupa kendaraan bermotor mensyaratkan DP, sementara cicilan lainnya tidak.

Sebelum mengajukan cicilan, kamu perlu memastikan kondisi keuangan sehat. Pastikan total cicilan utang yang dimiliki tidak lebih dari 30 persen pendapatan per bulan.

3. cermati perjanjian pembiayaan

Hal ini penting diperhatikan untuk memastikan calon debitor dapat memenuhi perjanjian pembiayaannya yaitu melunasi cicilan sesuai dengan tenor dan plafon yang sudah diperjanjikan di awal.

Selain membayar cicilan pokok, debitor juga perlu membayar bunga serta biaya lainnya yang telah ditetapkan oleh perusahaan pembiayaan.


Simulasi cicilan

Berikut ini adalah simulasi untuk saat mengajukan pembiayaan dan cicilan di perusahaan pembiayaan.

Misalnya, kamu ingin membeli sebuah laptop seharga Rp 12 juta dengan cara mencicil selama satu tahun dan bunga sebesar 10 persen per tahun.

  • - Pokok Pinjaman: Rp 12 juta
  • - Jangka Waktu Angsuran: 12 bulan
  • - Bunga per Tahun: 10 persen (bunga flat)

Berikut ini adalah rincian hitungan dengan asumsi bunga flat.

  • Total bunga: RP 12 juta x 10 persen = Rp 1,2 juta
  • Total yang dibayarkan: Rp 12 juta + Rp 1,2 juta = Rp 13,2 juta
  • Angsuran per bulan: Rp 13,2 juta : 12 bulan = Rp 1,1 juta

Sebelum kamu mengajukan kredit ke perusahaan pembiayaan, penting untuk menghitung besaran angsuran dan mengukur kemampuan bayar.

Perlu diingat kembali, pastikan total cicilan utang yang dimiliki tidak lebih dari 30 persen pendapatan per bulan.

Selain itu, pastikan kamu memanfaatkan produk dari lembaga jasa keuangan yang terdaftar dan berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

https://money.kompas.com/read/2022/08/12/140000926/ini-hal-yang-harus-diperhatikan-sebelum-mengajukan-cicilan-ke-perusahaan

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.