Salin Artikel

Harga Minyak Dunia Menguat dalam Sepekan, Ini Sebabnya

Mengutip Bloomberg, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) pada perdagangan Jumat (12/8/2022) ditutup turun 2,4 persen menjadi 91,7 dollar AS per barrel. Penurunan ini dipengaruhi sentimen kemungkinan kembalinya pasokan minyak Iran ke pasar. Namun dalam sepekan harga minyak WT mengalami kenaikan 3,5 persen dibandingkan sebelumnya.

Sementara Brent pekan lalu ditutup pada  harga 97,6 dollar AS per barrel.

Pergerakan harga minyak mentah dipengaruhi oleh serangkaian berita utama dalam beberapa hari terakhir. Iran mengatakan, dapat menerima kesepakatan nuklir yang ditengahi Uni Eropa jika dengan jaminan tertentu. Sementara itu kabar terkait inflasi yang mereda juga mendorong pergerakan harga komoditas secara luas.

“Pandangan saya adalah kita bergerak lebih tinggi. Jumlah permintaan di AS lebih baik dan kami telah memperhitungkan banyak penyesuaian permintaan ke pasar pada saat ini," kata Rebecca Babin, pedagang energi senior di CIBC Private Wealth Management.

Badan Energi Internasional minggu ini menaikkan perkiraan untuk pertumbuhan permintaan global, yang mana hal ini juga mendukung pergerakan harga. Di sisi lain, Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) memperkirakan pasar global akan mengalami surplus pada kuartal ini, dan memangkas perkiraan jumlah minyak mentah yang perlu dipompa.

“Prospek kesepakatan nuklir Iran belum diperhitungkan ke pasar. Kedua belah pihak, baik AS dan Iran, telah membuat kemajuan kesepakatan yang cukup untuk pergeseran ekspektasi waktu kesepakatan, dari kuartal pertama 2023 ke kuartal keempat 2022,” kata Rapidan Energy Group dalam sebuah catatan.

“Keseimbangan minyak akan hampir mustahil untuk diprediksi secara andal, mengingat berbagai wildcard di pasar saat ini,” kata Tamas Varga, seorang analis di PVM Oil Associates Ltd.

https://money.kompas.com/read/2022/08/15/071326926/harga-minyak-dunia-menguat-dalam-sepekan-ini-sebabnya

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.