Salin Artikel

Nilai Ekspor RI Juli 2022, Menyusut secara Bulanan, Meningkat secara Tahunan

Jika dibandingkan dengan Juni 2022, nilai ekspor RI pada Juli kemarin menyusut sebesar 2,2 persen. Penurunan itu disebabkan oleh nilai ekspor komoditas migas yang turun 11,24 persen secara mtm menjadi 1,38 miliar dollar AS.

Penurunan yang cukup signifikan tersebut disebabkan oleh terkoreksinya volume komoditas migas. Pada saat bersamaan, harga komoditas migas juga menurun.

"Penurunan ekspor migas lebih dikarenakan oleh nilai minyak mentah yang turun 60,06 persen dan volume turun 60,82 persen," ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Setianto, dalam konferensi pers, Senin (15/8/2022).

Komoditas nonmigas juga mencatatkan koreksi sebesar 1,64 persen secara mtm. Setianto menyebutkan, sejumlah komoditas nonmigas mencatatkan koreksi cukup dalam, seperti timah, besi dan baja, nikel, hingga kapal perahu dan struktur terapung.

Sementara itu jika dibandingkan Juli 2021, nilai ekspor RI pada Juli kemarin masih meningkat 32,03 persen. Peningkatan terjadi baik pada komoditas migas (40,48 persen) maupun komoditas nonmigas (31,58 persen).

Meskipun meningkat, kenaikan nilai ekspor RI pada Juli 2022 mengalami perlambatan dibanding Juli tahun lalu, yakni sebesar 41,49 persen secara yoy.

https://money.kompas.com/read/2022/08/15/121842126/nilai-ekspor-ri-juli-2022-menyusut-secara-bulanan-meningkat-secara-tahunan

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.